Arti Assalamualaikum Waalaikumsalam dan Tulisan Arab

Assalamualaikum adalah salam dalam bahasa Arab yang bisa juga dianggap sebagai sapaan antar Muslim. Dan kalimat waalaikumsalam adalah jawaban untuk salam tersebut. Tapi apa sih sebenarnya arti Assalamualaikum dan Waalaikumsalam? Lebih dari sekedar salam, kalimat ini ternyata merupakan do’a dan sunnah Rosul lho

Arti Ucapan Salam Assalamualaikum dan Wa’alaikumsalam

Kalau diartikan per kata, makna Assalamu’alaikum adalah:

Assalamu ( السلام )          = Keselamatan

‘Alaikum ( عليكم )             = ‘ala (علي) artinya untuk/atas  dan kum ( كم ) artinya kalian

Versi panjangnya adalah Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, yang memiliki arti:

Wa (و)                           = Dan

Rahmatullah (رحمةالله )      = Rahmat Allah

Barakatuh (بركاته)            = Keberkahan-Nya

Kalau dirangkai dalam satu kalimat (diambil dari kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi), artinya akan menjadi seperti berikut:

  • Assalamu’alaikum: Semoga keselamatan terlimpah kepadamu
  • Assalamu’alaikum Warahmatullah: semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu/semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya untukmu
  • Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh: semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu/semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah padamu / kalian.
  • Sedangkan arti dari Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh adalah “Dan semoga keselamatan, rahmat, dan keberkahan-Nya terlimpah juga padamu.

Kapan Kita Harus Menggunakan Salam?

Arti Assalamualaikum Wa’alaikumsalam

Menurut beberapa hadis, Nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh seorang sahabat tentang siapa yang harus memulai salam, dan Nabi Muhammad menjawab, “Orang yang menunggang kuda harus menyapa orang yang sedang berjalan dan orang yang berjalan harus menyapa orang yang duduk dan kelompok yang lebih kecil harus menyambut orang yang sedang berjalan dalam kelompok yang lebih besar”.

Baca juga :

Dan berdasarkan ayat Al-Quran (Surat An-Nur 24:61) dalam arti Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa seseorang harus memberikan salam saat akan memasuki dan meninggalkan sebuah rumah.

Dari ayat dan hadis di atas bisa disimpukan bahwa Assalamu’alaikum bisa Sobat Pwhm gunakan kapan pun dan di mana pun saat bertemu/berkumpul/berinteraksi dengan sesama Muslim, baik yang dikenal atau tidak, baik secara sosial atau dalam ibadah dan konteks lainnya. Dan lebih diutamakan saat akan meninggalkan atau masuk ke dalam rumah.

Secara garis besar, hukum mengucapkan salam ini adalah sunnah. Tapi hukum menjawabnya adalah bagi wajib (jika sedang sendiri). Tapi kalau Sobat Pwhm lagi berkumpul atau berkelompok, hukum menjawabnya adalah fardhu kifayah (boleh dijawab oleh salah satu orang saja), tapi kalau mau dijawab oleh semua yang ada di perkumpulan juga nggak apa-apa kok.

Tulisan Arab Assalamualaikum

Tulisan arab assalamualaikum secara lengkap dan benar adalah السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dan Wa’alaikumsalam dalam Arab menjadi وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sedangkan penulisan assalamualaikum yang benar dalam Bahasa Indonesia adalah Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Jadi ada dua huruf S dalam kata Assalamu’alaikum, dan harus menggunakan tasydid (‘) pada huruf “a” setelah kata “mu”, sehingga menjadi huruf ‘ain dan bukan alif.

Kalau dalam bentuk SMS/chat/email penulisan ini terlalu panjang, Sobat Pwhm bisa menyingkatnya kok. Tapi dengan kaidah yang benar ya, yaitu menjadi Assalamu’alaikum Wr Wb, Wassalamu’alaikum Wr Wb, Ass Wr Wb, atau cukup Assalamu’alaikum dan Wassalamu’alaikum. Intinya, singkatan tersebut harus dipahami oleh pembaca dan nggak bikin salah paham/salah arti.

Makna Ucapan Salam

Beberapa makna yang terkandung dalam salam versi Islam (Assalamu’alaikum) adalah:

  1. Memberi Rasa Aman

Berdasarkan artinya, kalimat Assalamu’alaikum sebetulnya adalah doa versi singkat untuk memberikan keamanan pada seseorang/sekelompok orang dari segala hal negatif/tidak baik. Jadi secara nggak langsung kalimat ini memberikan rasa aman bagi setiap pendengarnya.

  1. Allah adalah Maha Segalanya

Masih berdasarkan arti yang dimilikinya, Assalamu’alaikum dan Wa’alaikumsalam mengandung makna bahwa semua makhluk hanya bergantung kepada Allah SWT semata. Karena sesungguhnya Allah adalah yang Maha Kuasa atas segala hal/sesuatu yang terjadi di jagad raya ini.

  1. Bentuk Kasih Sayang

Saat Sobat Pwhm memberi salam ini pada seseorang, dengan kata lain Sobat Pwhm mendoakan keselamatan untuknya. Yang bisa juga diartikan sebagai bentuk cinta, kasih sayang, kepedulian dan perhatian Sobat Pwhm kepada orang tersebut. Karenanya salah ini disebut sebagai salah satu perekat persaudaraan antar umat Muslim.

Kesimpulan Pembahasan Arti Assalamualaikum Waalaikumsalam

Oke, jadi apa aja nih kesimpulan dari penjelasan di atas? Versi singkatnya adalah sebagai berikut:

  1. Arti Assalamu’alaikum secara singkat adalah semoga keselamatan terlimpah kepadamu.
  2. Hukum mengucap salam adalah sunnah, tapi yang mendengarnya wajib menjawab.
  3. Salam ini bisa diucapkan kapan pun dan di mana pun antara sesama umat Muslim.
  4. Disarankan untuk menulis salam dengan benar dan lengkap, tapi jika harus, bisa juga disingkat dengan singkatan yang bisa dipahami/tidak disalah artikan oleh pembaca.

Setelah melihat arti Assalamualaikum dan Waalaikumsalam secara keseluruhan, sangat disarankan bagi Sobat Pwhm yang beragama Islam untuk membiasakan salam ini dalam keseharian ya. Karena selain menampilkan identitas, salam ini juga mengandung doa yang baik.