Arti Mimpi Orang Tua Sakit

Sakit memang tidak dapat diprediksi kapan datangnya dan dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Melihat orang tua atau orang lain sakit di dunia nyata mungkin sesuatu yang wajar, namun bagaimana jika melihatnya melalui mimpi? Arti mimpi orang tua sakit sendiri sekarang sudah ada banyak ragamnya.

Arti Mimpi Orang Tua Sakit

Ada berbagai sudut pandang yang akan dibahas terkait tafsir mimpi tersebut, mulai dari sudut pandang Islam, Psikolog hingga Primbon. Masing-masing sudut pandang tentu tidak semua memberikan pertanda buruk, tapi juga pertanda baik. Sudut pandang mana yang nantinya sobat jadikan referensi, itu kembali ke pilihan masing-masing.

Arti Mimpi Orang Tua Sakit Menurut Islam

Ikatan orang tua dengan anaknya sangatlah istimewa, terlebih bagi seorang ibu yang biasanya sangat peka sekali terhadap kondisi anak-anaknya. Kedekatan antara orang tua dengan anaknya dalam Islam dianggap sebagai hubungan yang harmonis. Masing-masing saling mendoakan dalam setiap sujud terakhir ataupun selepas sholat.

Bagi anak yang mimpi melihat orang tua sakit tentunya menjadi beban pikiran sendiri dan menerka-nerka apa yang akan terjadi. Dalam Islam sendiri mimpi ini dapat diartikan bahwa bisa jadi orang tua, terutama ibu sedang memikul beban yang berat. Ada masalah yang hadir dalam orang tua atau keluarga sobat.

Dalam versi lain juga diterjemahkan bahwa bisa jadi orang tua sobat benar-benar sedang tidak enak badan atau bahkan sakit. Apabila sudah demikian, segeralah temui orang tua sobat atau setidaknya menyapa melalui telepon jika sedang berada di perantauan. Pastikan kabar orang tua sobat dalam keadaan baik dan selalu doakan yang terbaik.

Dalam Islam sendiri sudah ada ayat yang memerintahkan bahwa seorang anak harus berbakti kepada orang tuanya. Hal tersebut dijelaskan pada surat Al-Israa ayat 23-24. Di kedua ayat ini juga dijelaskan tentang seorang anak yang meminta permohonan kepada Allah SWT untuk menyayangi dan melindungi kedua orang tua sebagaimana mereka mendidik dan menjaga sewaktu kecil.

Arti Mimpi Orang Tua Sakit Menurut Psikolog

  1. Khawatir Akan Kondisi Kesehatan Sendiri atau Orang Lain

Ada suatu kondisi dimana seseorang terlalu mencemaskan kesehatannya secara berlebihan, padahal kondisi kesehatannya dalam keadaan prima. Apabila berlangsung dalam waktu yang lama dan tidak dapat mengontrol pikiran, maka tidak menutup kemungkinan akan bermimpi tentang orang terdekat atau mimpi orang tua sakit bisa berjalan.

Orang yang bermimpi ini akan terbangun dengan perasaan cemas dan khawatir lumayan tinggi. Solusi dari permasalahan ini adalah sadari kesehatan yang ada di diri sendiri, lakukan check up jika perlu. Tanyakan kabar kedua orang tua agar pikiran dan hati lebih tenang karena telah mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya.

  1. Kehidupan Kurang Seimbang

Bermimpi tentang orang tua yang sedang jatuh sakit, diri sendiri atau teman terdekat juga bisa menandakan bahwa kehidupan sobat kurang seimbang. Dalam psikologi sendiri dikatakan bahwa seseorang harus menyeimbangkan antara pikiran, hati dan unsur penting lain dalam kehidupan. Tanpa ada keseimbangan yang baik, seseorang bisa menjadi cemas.

Kecemasan ini juga beragam, mulai dari mencemaskan masa depan, karir, jodoh dan lain sebagainya. Ini sangat wajar terjadi kepada orang-orang yang memasuki tahap quarter life crisis. Memang sulit untuk mengendalikan pikiran dan cemas terhadap masa depan. Namun berusaha menjalani kehidupan saat ini dengan sebaik-baiknya adalah pilihan yang tepat.

  1. Ada Trauma Masa Lalu

Pengalaman masa lalu yang buruk dan meninggalkan bekas secara psikologis pada seseorang akan mempengaruhi kehidupannya. Apabila sobat pernah mengalami sakit parah atau melihat orang tua sakit parah, secara tidak sadar akan tersimpan di memori otak. Memori ini dapat muncul kapan saja dan sulit mengontrolnya.

Kondisi seperti inilah yang memungkinkan seseorang kemudian bermimpi diri sendiri atau orang tua dalam keadaan sakit. Ada banyak faktor memori tersebut dapat muncul, bisa karena mendapatkan informasi yang berhubungan dengan memori tadi dan sebagainya. Satu hal yang dapat dilakukan adalah mencoba menerima dan berdamai dengan memori masa lalu tersebut.

  1. Kondisi Psikis Sedang Tidak Baik

Bermimpi apapun itu, termasuk memimpikan orang tua menunjukkan kondisi psikis orang tersebut. Semakin buruk mimpi yang hadir di setiap malam, maka semakin buruk pula kondisi psikis seseorang. Apabila sobat tidak dapat mengontrolnya lebih baik, nantinya akan menciptakan ketakutan pada diri sendiri.

Jika ketakutan ini tidak segera ditangani, nantinya kehidupan sehari-hari tidak dapat dijalani secara normal. Sebaliknya justru hari-hari akan dilalui dengan rasa takut yang terus mengikuti sobat kemanapun sobat pergi. Cobalah untuk menenangkan diri dan memfokuskan pikiran ke hal-hal yang positif untuk mengatasinya.

Arti Mimpi Orang Tua Sakit Menurut Primbon

  1. Bermimpi Orang Tua Sakit Parah

Di dunia nyata ketika melihat orang tua sakit parah membuat cemas dan khawatir, bagaimana jika hal tersebut muncul dalam mimpi? Arti mimpi orang tua sakit parah berdasarkan primbon merupakan teguran yang disampaikan secara tidak langsung. Teguran ini bersifat menyadarkan, dimana seorang anak harus meminta maaf kepada orang tua dan meminta ridho dari keduanya.

Dalam arti lain juga bisa diartikan bahwa sobat pernah melakukan kesalahan atau membuat orang tua marah, kecewa dan sebagainya. Kondisi seperti ini bisa membuat kehidupan menjadi lebih sulit dijalani karena tidak meminta maaf dan doa kepada orang tua. Segeralah menyadari dosa yang pernah dibuat dan minta maaf kepada orang tua.

  1. Bermimpi Orang Tua Sakit Dirumah Sakit

Rumah sakit menjadi salah satu tempat yang tidak seorang pun ingin dirawat disana. Bagaimana jika mimpi ayah sakit keras kemudian masuk rumah sakit? Mimpi ini berkaitan dengan kerinduan orang tua kepada anaknya yang jarang pulang ataupun memberi kabar. Orang tua yang di rumah merasa kesepian dan membutuhkan hiburan.

Cobalah untuk memberikan kabar kepada orang tua sesibuk apapun aktivitas sehari-hari. Minimal seminggu 2x memberikan kabar atau menanyakan kabar orang tua sendiri. Jika ada waktu luang, usahakan pulang ke rumah, karena kepulangan anak merupakan salah satu yang ditunggu oleh setiap orang tua.

  1. Bermimpi Orang Tua Sakit Gigi

Sakit gigi di dunia nyata dengan dunia mimpi memiliki arti yang berbeda jauh dan disebabkan oleh hal yang berbeda. Jika sobat mimpi ibu sakit gigi yang cukup parah, artinya sobat perlu memberikan sedikit rezeki kepada orang tua. Dalam sudut pandang lain juga dapat diartikan bahwa kedua orang tua sedang dalam masa kesulitan dari segi finansial.

Sebagai anak yang sudah bekerja, memang sudah sepantasnya untuk menyisihkan sedikit rezeki untuk orang tua. Apabila sobat sedang tidak memiliki rezeki yang lebih, cobalah untuk memberikan dalam bentuk kasih sayang ataupun perhatian. Setidaknya hal tersebut adalah salah satu yang dapat dilakukan karena materi belum cukup.

  1. Bermimpi Melihat Orang Tua Pacar Sakit

Bagi yang sudah memiliki pacar atau kekasih, menjalin hubungan kepada orang tuanya menjadi suatu hal yang wajib. Pernahkah sobat kemudian bermimpi orang tua dari kekasih sedang sakit? Jika sobat bermimpi demikian, artinya sobat dirindukan oleh orang tua kekasih sobat. Luangkanlah waktu untuk mengunjunginya meskipun hanya sebentar.

  1. Bermimpi Ayah Kandung Sedang Sakit

Seorang ayah seringkali sulit ditebak bagaimana pemikirannya, namun ternyata memiliki pemikiran yang sangat luas. Ketika ayah jatuh sakit di dunia nyata, tentu kehidupan keluarga di rumah sangat berbeda. Berbeda lagi jika sobat bermimpi ayah kandung sedang sakit, ini menjadi teguran untuk segera menemuinya.

Menemui dalam arti untuk meminta maaf kepada ayah karena sobat telah melakukan kesalahan yang pernah dilakukan tanpa disadari dan menyakiti hati ayah. Segeralah minta maaf, kemudian mintalah ridho agar dimudahkan dalam menghadapi kehidupan selanjutnya.

  1. Bermimpi Ibu Kandung Sedang Sakit

Tidak jauh berbeda dengan poin 5, bermimpi ibu kandung jatuh sakit juga menunjukkan pertanda bahwa sobat pernah menyakiti hatinya. Baik itu dari sikap, perkataan dan faktor lainnya yang tidak disadari. Jika sudah seperti itu, pulanglah ke rumah dan minta maaf kepada ibu secara tulus. Jangan lupa untuk meminta didoakan yang baik-baik.

  1. Bermimpi Orang Tua Dari Suami Sakit

Bagi wanita yang sudah menikah dan tinggal bersama suami, tentunya wajib menjalin hubungan yang harmonis dengan mertua. Jika sudah terjalin hubungan yang harmonis, biasanya ikatan batin akan semakin baik pula. Pada beberapa kasus yang terjadi, ada yang memimpikan mertua jatuh sakit, padahal nyatanya sehat-sehat saja.

Kondisi seperti ini menunjukkan pertanda yang buruk. Arti dari tafsir mimpi ini adalah akan ada perselisihan dalam keluarga sobat saat ini atau dengan suami. Tidak dapat dipastikan perselisihan apa yang terjadi, namun harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jika masalah tersebut hadir, usahakan menyelesaikannya dengan cara yang baik dan tidak menimbulkan masalah.

Kesimpulan

Adanya berbagai macam sudut pandang arti mimpi orang tua sakit di atas setidaknya dapat memberikan referensi bagi sobat yang bermimpi seperti itu. Ingin mempercayai atau tidak, kembali ke pilihan dan kepercayaan masing-masing.

Segeralah menghubungi orang tua dirumah jika kamu baru saja memimpikan orang tua dalam tidur. Hal itu mungkin saja menandakan orang tua rindu karena sudah lama tidak berjumpa atau memang sedang ada masalah dengan kesehatanya.

Baca juga

Arti mimpi sedang mengaji Al-Quran

Arti mimpi hamil dan melahirkan menurut primbon