Belajar Cara Ternak Ayam Kampung Pemula

Pernah gak sih sobat merasa heran melihat orang mempunyai banyak uang dari bisnis ayam kampung? Penasaran kan seperti apa cara ternak ayam kampung yang dilakukan sehingga bisa menghasilkan banyak uang? Kalau sobat ingin tau seperti apa seluk beluknya, silahkan baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa share ya ke teman-teman lainya.

Sering dipandang sebelah mata, ternyata beternak ayam kampung merupakan ladang bisnis basah yang tidak ada matinya. Jenis unggas ini sudah menyebar di seluruh Indonesia dan menjadi saah satu hewan peliharaan favorit di rumah. Meskipun ukuran unggas ini lebih kecil dari ayam boiler, rasa dagingnya lebih enak daripada ayam boiler.

Karena dagingnya enak diolah menjadi beragam masakan inilah ayam kampung mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Pada waktu tertentu jumlah permintaan pasar pada unggas ini bisa naik tajam, nah hal ini menandakan adanya peluang emas untuk sobat membudidayakan ayam kampung untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Baca juga belajar ternak ayam petelur untuk pemula.

Keunggulan Ayam Kampung

Dibawah ini beberapa keunggulan dari ayam kampung bila dibandingkan dengan ayam Boiler:

Kesehatan Terjaga
Dalam memelihara ayam kampung tidak perlu menggunakan zat kimia sehingga ayam ini jauh lebih sehat. Peternak biasanya memberi makan berupa vitamin dan biji-bijian. Ayam kampung bisa hidup dialam terbuka, sehingga mempunyai kekebalan tubuh yang kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

Harganya Mahal dan Banyak Peminat
Harga ayam kampung terbilang lebih mahal dibanding ayam Boiler. Meski lebih mahal, permintaan pasar tidak pernah surut. Penjualan ayam kampung menyasar pedagang daging ayam, restoran, warung makan dan kafe yang menyediakan menu ayam.

Rasa Daging Yang Khas dan Kaya Gizi
Bila sobat perhatikan peternakan ayam kampung skala besar, ayam-ayam ini tidak pernah diberikan suntikan khusus seperti ayam boiler. Sehingga, kandungan yang terdapat pada tubuh ayam kampung lebih alami dan aman dikonsumsi. Selain itu, ayam kampung memiliki rasa yang khas dan tidak ada di jenis ayam manapun. Didalam tubuh ayam kampung mnegandung banyak protein, fosfor, lemak dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Analisa Modal Ternak Ayam Kampung Pemula

Sebelum mulai budidaya, sobat bisa membuat rancangan anggaran biaya yang diperlukan untuk memulainya. Saya berikan contoh perhitungan modal awal yang sobat perlukan untuk memelihara 100 ekor ayam kampung. Berikut rincianya :

NoKebutuhanHarga
1Bibit ayam kampung 100 ekor100 x @Rp 10.000 = Rp 1.000.000
2Biaya Pakan 1 bulanRp 450.000
3Biaya bikin kandangRp 2.000.000
4Tempat makan dan minum ayamRp 300.000
5Jaring pengamanRp. 550.000
6Kebutuhan lainRp 700.000
Perkiraan Kebutuhan awalRp 5.000.000

 

Disclaimer : Perhitungan biaya ternak ayam kampung diatas hanyalah contoh saja, bukan harga terbaru dan harga sebenarnya. Untuk lebih pastinya lagi, sobat bisa melakukan survei harga langsung ke tempat penjual bibit ayam dan pakan ayam.

Sistem Dalam Beternak Ayam Kampung

Ada dua sistem yang dilakukan peternak sukses dalam memelihara unggas ayam kampung, yaitu:

Sistem Konvensional
Menggunakan cara ini artinya membiarkan ayam hidup di alam bebas. Misalnya saja sobat menyiapkan lahan kosong yang sudah di pagar wiring. Setiap pagi ayam dikeluarkan dari kandang dan sore harinya ayam masuk ke dalam kandang.

Pemberian pakan ayam dilakukan dua kali sehari dan bila ayam merasa kurang bisa mencari sendiri. Sistem ini bagus diterapkan bila sobat mempunyai lahan yang luas dan lokasinya berada di pedesaan.

Sistem Semi Intensif
Sistem ini hampir sama dengan sistem konvensional, hanya saya lahan yang digunakan ukuranya lebih kecil. Biasanya pada sistem ini kandang ayam dibuat bertingkat setiap barisnya agar bisa digunakan memelihara ayam dalam jumlah besar. Kekurangan dari sistem semi intensif biaya pembuatan kandang lebih mahal, pakan yang diperlukan banyak dan harus lebih rutin membersihkan kotoran ayam.

5 Tips Sukses Ternak Ayam Kampung Untuk Pemula

Meskipun sobat pemula, bukan berarti tidak bisa meraih kesuksesan. Bila sobat serius dalam menggeluti bisnis ayam kampung dan mau terus belajar, maka sobat akan berhasil.

Berikut ini sedikit tips bagi pemula yang ingin sukses dalam menjalankan bisnis peternakan ayam kampung:

Memilih Bibit Ayam Kampung Super
Kenapa menggunakan bibit ayam kampung super? Karena masa panen ayam kampung super lebih singkat dari ayam biasa. Sekitar 50 hari sampai 60 hari jenis ayam super bisa sobat panen. Sedangkan ayam kampung biasa, memerlukan waktu hingga 7 bulan lamanya. Selain itu, angka kematian pada ayam kampung super lebih kecil, hanya 2% saja menurut hasil penelitian yang saya baca.

Jika sobat membeli DOC (anakan ayam) analisa dulu seperti apa bibitnya. Bila bibitnya sehat, lincah, berat badan mencapai 4kg, hal itu menandakan DOC yang sobat pilih kualitasnya bagus untuk diternak. Baca juga Kendala beternak ayam bangkok dan solusinya.

Menyiapkan Kandang Layak Huni
Ayam kampung mempunyai sifat tidak bisa diam, dia memerlukan ruang gerang yang cukup agar bisa berajalan dan melompat kesana-kesini. Bila lahan yang sobat gunakan untuk lahan ukuranya tidak begitu luas, jumlah ayam yang sobat pelihara jangan terlalu banyak.

Pada sisi luar kandang ayam kampung dipagari dengan waring agar ayam tidak bisa keluar dari batas kandang yang sudah sobat tentukan. Memasuki musim penghujan, sebaiknya biarkan ayam berada didalam kandang yang diberi penghangat dan lampu penerangan. Di musim kemarau, biarkan ayam berada diluar kandang hingga sore hari menjelang. Disekitar kandang sebaiknya diberikan penghalang angin yang dapat melindungi ayam saat angin berhembus kencang.

Berikan lubang ventilasi yang cukup pada kandang ayam kampung, tujuanya untuk menjaga kesejukan didalam kandang saat matahari sedang menyengat. Tidak ada salahnya memberi kipas kecil guna memastikan suhu udara didalam kandang tidak terlalu panas dan nyaman digunakan ayam berteduh disiang hari.

Pakan Ayam Yang Bernutrisi
Sebagai sumber makanan yang diserap tubuh ayam kampung dan berpengaruh langsung dengan perkembangan serta pertumbuhan ayam, sudah selayaknya pakan ayam yang sobat berikan memiliki banyak kandungan nutrisi. Jenis makanan yang tepat ialah sentrat atau pur ayam.

Bisa juga menggunakan variasi makanan seperti jagung, keong, tepung ikan, tepung udang, ampas tahu, limbah kedelai dan lain sebagainya yang dicampur dengan bekatul sebagai variasi dari pur ayam. Dengan adanya variasi pakan dapat menjaga nafsu makan ayam karena tidak bosan dengan pakan yang itu-itu saja.

Menyiapkan Kandang Karantina
Peternak ayam kampung pemula harus mengenali kondisi serta perilaku ayam. Sobat ayam memahami bila ada ayam yang sakit harus segera dipindah kedalam kandang karantina. Hal ini bertujuan agar penyakit tersebut tidak menular dan ayam yang sakit bisa segera diobati.

Untuk mencegah ayam mudah terkena penyakit, pemberian vitamin untuk ayam kampung perlu dilakukan secara berkala. Serta jangan malas membersihkan kotoran yang ada didalam kandang.

Memahami Strategi Promosi
Tujuan akhir sobat budidaya ayam kampung adalah mendapatkan keuntungan, oleh sebab itu sobat pahami dulu seperti apa strategi pemasaran saat ayam sudah siap dijual. Pemasaran bisa dilakukan dengan menjualnya melalui sosial media seperti facebook atau forum jual beli unggas.

Punya teman yang bergelut dibidang kuliner dan menyediakan menu ayam? Nah ini peluang besar sobat menawarkan ayam hasil ternak ke teman. Cukupi kebutuhan ayam yang diperlukan serta berikan harga yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu sobat tidak perlu lagi kemana harus menjualnya.

Jangan Takut Memulai

Sobat tidak pernah bisa merasakan seperti apa rasanya berbisnis jika tidak segera memulainya. Kunci untuk sukses harus ulet, rajin dan terus belajar.

Tidak sedikit pemula yang berhasil dalam ternak ayam kampung karena keuleten, kegigihan dan berani mencoba tanpa banyak berfikir. Jika orang lain saja bisa, tentunya sobat juga bisa donk.