Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Cara membedakan burung kenari jantan dan betina bisa kamu lihat dari letak matanya, tulang belakang, bentuk paruh dan lain sebagainya. Bila sobat belum tau seperti apa cara untuk membedakanya, bisa menyimak artikel ini sampai selesai untuk menambah pengetahuan.

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Kenari salah satu burung kicau yang banyak dijadikan hewan peliharaan dirumah. Berkat suaranya yang indah dan melengking sebagian dari penghobi membudidayakan burung ini untuk menambah penghasilan mereka. Bila sobat baru pertama kali mengenal burung kenari, tentu tidak mudah mengetahui mana burung kenari jantan dan mana yang betina. Keduanya memiliki warna yang sama dan ukuran badan yang hampir sama. Berdasarkan hal tersebutlah, saya sengaja membuat artikel yang membahas perbedaan kenari jantan dan betina agar kamu lebih mudah dalam membedakanya.

Cara Membedakan Kenari Jantan Dengan Betina

Hal yang paling mudah dalam membedakanya dapat kamu lihat pada bagian fisik dan kebiasaan. Burung kenari jantan mempunyai warna bulu yang tampak lebih terang daripada kenari betina. Ciri yang selebihnya, bisa kamu baca dibawah ini.

Bentuk Kepala Burung Kenari

Membedakan dari bentuk kepala tidak sulit. Kepala burung kenari jantan berbentuk pipih dan datar, sedangkan kenari betina mempunyai bentuk kepala yang bulat.

Warna Bulu di Tulang Belakang Kenari

Warna yang terlihat pekat dan tegas pada bulu dibagian tulang belakang menandakan burung kenari jantan. Pada betina panjang warna tersebut tidak mencapai tulang belakang.

Pembuluh Vena Saat Kenari Berusia 3 Hari

Coba lihat bagian perut burung kenari yang masih berumur 3 hari, apakah terdapat pembuluh vena apa tidak. Bila tidak terlihat, maka burung tersebut berjenis kelamin betina, sebab kenari jantan pembuluh vena terlihat dari bagian perut hingga bagian dubur.

Letak Mata dan Paruh Kenari

Saat kenari berusia 7 hari dan sudah bisa membuka mata, perhatikan dengan baik posisi matanya. Bila tidak sejajar dengan paruh, tandanya burung tersebut betina. Kenari jantan letak mata sejajar dengan paruhnya.

Suara Burung Kenari

Cara paling mudah membedakan kenari jantan dan betina bisa melalui suara. Apabila mempunyai banyak variasi, ngerol dan keras, itu merupakan ciri dari kenari jantan. Suara yang tidak bervariasi, standar dan tidak ngerol hanya dimiliki oleh kenari betina.

Jari dan Kaki Burung Kenari

Burung kenari jantan ciri kakinya terlihat panjang dan jari-jarinya renggang, sedangkan betina kakinya pendek dan bagian jari lebih rapat.

Lompatan Burung Kenari

Jika usia burung antara 2 sampai 3 minggu, membedakan jenis kelamin bisa dilihat dari cara melompatnya. Kenari jantan bisa melompat lebih jauh daripada yang betina.

Nah seperti itulah rahasia cara membedakan burung kenari jantan dan betina bila dilihat dari kebiasaan dan fisik. Semoga apa yang saya tulis ini memudahkan kamu dalam membedakan jenis kelamin burung kenari.

Kesimpulan

Meski sekilas terlihat hampir sama, setelah kamu membaca informai cara membedakan burung kenari jantan dan betina jadi taukan bahwa perbedaanya ternyata ada dan tidak sulit untuk ditemukan. Jika kamu ingin kenari yang memiliki kemampuan suara panjang dan terdengar lebih merdu, pastikan yang kamu pilih adalah yang jantan ya.

Karena sekarang kamu sudah tau cara membedakanya, jangan lupa membaca artikel lain berkaitan dengan burung kenari di blog saya ya.

Baca juga

Merawat kenari bakalan hingga gacor untuk pemula