Cara Membuat Burung Kenari Cepat Gacor

Bagaimana sih cara membuat burung kenari cepat gacor? Secara alami, kebanyakan burung kenari belajar bernyanyi dari burung yang lebih tua saat ia masih berusia sangat muda, yaitu sekitar 6 minggu. Dengan pelatihan yang tepat, kenari bahkan juga bisa meniru suara kicau dari burung lain. Namun biasanya, kenari berkelamin jantan yang lebih cepat dan pintar gacor.

Cara Membuat Burung Kenari Cepat Gacor

Setiap pemilik burung kenari tentunya menginginkan kenari yang pintar gacor, bukan? Namun, kenari Anda bisa melakukannya atau tidak tergantung pada banyak faktor, seperti kondisi kandang, pola makan, suasana hati, atau bahkan pelatihannya. Artikel berikut akan menunjukkan kepada Anda beberapa langkah tepat untuk membuat kenari Anda cepat gacor.

5 Cara Mudah Membuat Burung Kenari Cepat Gacor

Berikut adalah empat cara efektif dalam merawat burung kenari agar cepat gacor:

  1. Ruang tempat tinggal Kenari

Memiliki kandang yang terlalu kecil atau kotor akan membuat kenari Anda malas untuk gacor. Sebaliknya, buat kenari Anda nyaman dan betah di dalam kandangnya dengan lingkungan yang optimal dengan beberapa cara berikut:

  • Kenari adalah burung aktif yang suka terbang bolak-balik. Karena itu, berikan burung Anda sangkar besar (minimal 60 cm) dengan tempat bertengger di kedua ujungnya. Sangkar bundar membuat burung kenari tidak bebas merentangkan sayapnya, jadi lebih baik memilih yang persegi panjang.
  • Tempatkan kandang di ruangan yang tidak sesak/sempit dan terkena angin semilir. Pastikan ruang tersebut tidak terlalu panas atau dingin, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan burung.
  • Burung kenari suka bermandikan sinar matahari, tapi jangan tempatkan di bawah sinar matahari langsung. Pastikan kandang kenari memiliki naungan, misalnya di teras rumah.
  • Tempatkan wadah pakan dan air minum pada posisi yang mudah dijangkau oleh burung. Dan hindari menggunakan wadah dengan tutup, karena kenari tidak suka menempatkan kepalanya di dalam wadah berpenutup.
  • Burung kenari suka mandi dan akan sering melakukannya. Jadi, Anda harus menyediakan tempat mandi burung di dalam sangkar.
  • Jaga kebersihan kandang dan wadah pakan + air untuk menghindari penyakit. Bersihkan kandang 2 -3 hari sekali dan ganti air minum dan air mandi setiap hari.
  • Dari senja hingga fajar, tutup kandang dengan kain, agar kenari dapat merasa aman dan beristirahat dengan nyaman.
  1. Beri makan kenari Anda dengan baik

Jangan pernah biarkan wadah pakan burung kenari Anda kosong. Kenari harus makan teratur, jadi harus ada jadwal kapan Anda mengisi wadah pakan. Berikan kenari Anda pakan yang baik agar ia merasa senang dan bersemangat untuk gacor. Pakannya bisa berupa:

  • Biji-bijian, seperti biji niger, rami, rapeseed, dan oat.
  • Beberapa pilihan pakan lain yang juga bagus dan menyehatkan untuk kenari adalah buah dan sayuran, seperti potongan apel, brokoli, jagung manis, dan kol.
  • Dan, jangan pernah lupa memasukkan air segar ke dalam kandang, karena kenari Anda harus bisa minum kapan pun diperlukan.
  1. Jemur Kenari Setiap Hari

Burung kenari perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup dan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan membuatnya aktif berkicau. Aturan penjemuran adalah sebagai berikut:

  • Jemur di bawah sinar matahari hangat, yaitu pada pagi dan/atau sore hari di antara pukul 6-8 pagi atau pukul 3-4 sore.
  • Jika Anda telat bangun dan waktu penjemuran sudah lewat, jangan pernah menjemur burung saat tengah hari. Tunggu hingga sore atau lakukan esok pagi.
  • Jemur dengan durasi secukupnya, sekitar 30 – 60 menit.
  • Selain membantu menjaga kesehatan tubuh si burung, penjemuran ini juga dapat menjadikan suara burung kenari makin lantang, mengusir parasit seperti kutu dan tungau, serta membuat bulu-bulunya tampak indah dan berkilau.
  1. Hindarkan Kenari Dari kebisingan

Kenari adalah burung yang tidak suka kebisingan. Kenari lebih nyaman berada di lingkungan yang hening untuk beristirahat dengan tenang selama sekitar 12 jam alias hampir setengah hari per hari.

Jika Anda menggantung kandang di balkon atau teras yang menghadap ke jalan raya yang bising, atau menempatkan kandang di sebelah mesin cuci, televisi atau radio, kenari Anda akan merasa stress, tidak mau gacor, dan kesehatannya akan semakin memburuk. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa lingkungan tempat kenari Anda tinggal cukup tenang.

  1. Mainkan rekaman kenari lain

Dengan kandang yang bagus, pola makan yang tepat, dan lingkungan yang damai, Anda telah memberikan semua hal yang diperlukan kenari untuk tinggal dengan nyaman dan bahagia. Namun, jika kenari Anda masih belum gacor juga, sekarang Anda harus mulai sedikit mendorongnya agar cepat gacor, dengan cara:

  • Putar rekaman suara dari kenari lain yang sedang gacor.
  • Tidak perlu melakukannya dari pagi hingga senja, karena kenari mungkin akan merasa tidak nyaman dan stress, cukup lakukan satu atau dua kali sehari dengan durasi maksimal 30 menit.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, kiat-kiat tentang cara membuat burung kenari cepat gacor sebenarnya tidak susah. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu mempelajarinya dan telaten mempraktekkannya. Dan jangan lupa, lakukan dengan konsisten.

Kenari tidak mau gacor bisa disebabkan kurangnya nafsu makan karena pakan yang diberikan kurang bervariasi. Untuk menghindari menurunya nafsu makan kenari karena bosan dengan makanan yang kamu beri, sebaiknya kamu memberikan pakan yang berbeda-beda setiap hari. Tambahan vitamin juga sebaiknya diberikan berkala agar burung selalu sehat dan nafsu makanya terjaga.

Baca juga

9 Makanan yang bagus untuk burung kenari