Cara Menanam Jahe Emprit Dalam Karung Cepat Tumbuh

Ada beberapa yang menjadi keunggulan menanam jahe emprit di karung, yaitu hasil panen berlimpah, menghasilkan banyak rimpang berukuran besar dan kualitas rimpang layak dijual. Agar menghasilkan hasil panen seperti itu, tentu anda harus tau dulu cara menanam jahe emprit dalam karung yang dianjurkan petani jahe profesional. Penasaran seperti apa caranya? Artikel ini mengulasnya secara mendalam. Baca sampai selesai ya.

Cara Menanam Jahe Emprit

Jahe emprit merupakan jenis yang dengan ukuran yang lebih kecil dari jenis lain seperti jahe gajah dan jahe merah. Meski ukuranya kecil, permintaan pasar untuk jenis jahe ini terbilang tinggi. Permintaan yang datang tidak hanua dari pasar lokal, permintaan juga datang dari pasar international dalam jumlah besar.

Menurut situs https://budidayajahemerah.com/ tanaman jahe termasuk dalam kategori tanaman obat dan rimpang. Tanaman ini masih satu jenis dengan temulawak, kunyit, dan tanaman rimpang lainya. Terbatasnya lahan yang dimiliki, menyebabkan budidaya jahe emprit di karung semakin banyak peminatnya. Karung yang berisi tanaman jahe bisa diletakan di depan rumah, belakang rumah atau bekas garasi yang sudah tidak terpakai.

Oleh karenanya karung merupakan media yang tepat untuk menanam jahe emprit dan membudidayakanya. Tidak harus selalu dalam jumlah besar, sedikit saja tidak masalah jika terhambat dengan lahan yang tersedia. Cara menanam jahe emprit dalam karung bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Caranya hampir sama dengan menanam jahe jenis lain menggunakan karung. Lebih jelasnya lagi, simak saja ulasan dibawah ini.

Pemilihan Bibit Unggulan
Bila anda ingin menanam jahe merah memilih bibit jahe merah unggulan harus dilakukan. Hal itu juga berlaku pada jenis jahe emprit. Bibit jahe bisa anda dapat dari tempat pembibitan atau perkebunan jahe emprit. Saat memilih bibit jahe emprit pastikan bibit tersebut bagus, berkualitas dan layak dijual. Pilih bibit yang dapat tumbuh tinggi serta menghasilkan jahe yang tidak cacat.

Menyiapkan Media Tanam
Cara menanam jahe di karung tidak sulit, hanya memerlukan beberapa bahan saja. Persiapkan karung sebagai media tanam jahe emprit. Jumlah karung yang diperlukan sesuai dengan jumlah bibit yang mau anda tanam. Setelah itu siapkan tanah dan pupuk kandang, campur keduanya hingga merata.

Agar tanaman jahe cepat tumbuh dan berkembang, gunakan tanah yang gembur dan berpasir. Karena tanaman jahe ini nanti bisa tumbuh besar dan memerlukan ruangan yang besar, ukuran karung yang digunakan sebaiknya 60 x 40 cm. Ukuran karung juga berpengaruh terhadap jumlah rimpang dan berat rimpang yang dihasilkan.

Cara Penanaman Jahe Emprit
Cara menanam jahe emprit tidak kalah pentingnya dengan pemilihan bibit. Letakan bibit dikedalaman 5 hingga 7 cm dan tunas bibit kearah atas. Jika salah saat meletakan bibit, pertumbuhan tanaman jahe menjadi terhambat. Agar tidak direpotkan menjaga kelembaban tanaman jahe, sebaiknya mulai menanam saat musim hujan.

Ketersediaan lahan untuk menanam jahe menjadi kendala utama yang sulit di selesaikan. Namun setelah anda membaca cara menanam jahe emprit, lahan bukan lagi masalah karena bisa menggunakan lahan seadanya meskipun ukuran tidak terlalu besar dan dari sisi modal termasuk lebih kecil daripada menggunakan media lahan kosong.

Hasil dari panen jahe yang anda tanam, tidak harus dijual. Bisa anda simpan sendiri atau berikan ke tetangga yang suka dengan jahe. Di musim hujan rimpang ini sangat berguna, karena bisa anda oleh menjadi wedang jahe yang memberikan kehangatan pada tubuh.