Cara Menjinakan Burung Kacer

Ada beberapa cara menjinakan burung kacer yang bisa Anda coba. Semua caranya terbilang cukup mudah, meskipun masih banyak kicau mania yang merasa kesulitan mempraktekkannya. Berdasarkan hal itulah saya membuatkan panduanya yang lebih sederhana, lengkap dan pas untuk pemula.

Cara Menjinakan Burung Kacer

Kacer adalah salah satu burung yang paling banyak diminati, karena kicauannya terkenal kuat dan postur tubuhnya gagah. Selain itu, harga burung kacer yang terawat baik dan berkualitas juga dapat mencapai jutaan rupiah.

Sudah penasaran dan ingin taukan seperti apa triknya agar burung kacar giras cepat jinak dan tidak takut orang? Baiklah, kalau begitu kita sima sama-sama penjelasan dibawah ini.

Cara Menjinakan Burung Kacer untuk Pemula

  1. Kenali Karakter Burung

Sebelum mempelajari trik lain, Anda harus mengenali karakter burung terlebih dahulu, yaitu:

  • Kacer adalah burung yang sebenarnya mudah jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, asalkan dengan trik yang benar.
  • Kacer adalah jenis burung yang memiliki semangat juang kuat. Hal ini bisa dilihat dari postur tubuhnya yang kuat dan kokoh.
  • Namun, di balik sifatnya yang mudah beradaptasi, ternyata burung kacer memiliki sifat bawaan mudah marah. Jadi, Anda harus berhati-hati.
  1. Biarkan Burung Kacer Kelaparan

Untuk menjinakkan burung kacer, biarkan burung kelaparan sebagai teknik awal. Namun ingat, lakukan ini hanya untuk sementara waktu, jangan sampai burung sakit dan mati. Meskipun terdengar sadis, tapi cara ini akan membuat si burung membutuhkan Anda. Cara ini sudah cukup banyak dipraktekkan, yang sudah terbukti aman dan bahkan sering kali menjadi andalan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Lakukan pelatihan ini pada saat proses penjemuran. Jadi setelah memandikan burung, lakukan penjemuran tanpa memberinya makanan.
  • Lakukan penjemuran selama 2-3 jam saat pagi atau sore hari, ketika sinar matahari hangat.
  • Burung yang kelaparan akhirnya akan bersedia mengambil makanan yang ditaruh di tangan Anda. Jika hal ini dibiasakan, burung kacer akan menjadi jinak.
  1. Mandikan Burung Kacer

Mirip dengan cara sebelumnya, burung kacer yang sering Anda mandikan akan mulai terbiasa dengan Anda dan akan jinak pada akhirnya. Namun sebaiknya, jangan langsung melakukan pelatihan ini pada saat burung baru datang ke rumah Anda. Berikan jeda waktu minimal 3 hari agar burung beradaptasi dengan lingkungan baru. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan pelatihan ini adalah:

  • Jangan pernah memandikan burung hingga basah kuyup, karena burung akan kapok dan takut, yang akhirnya semakin menghindar dari Anda.
  • Mandikan burung dengan menggunakan botol sprayer. Semprot dari arah samping atau belakang, dengan tekanan air yang lembut.
  • Jangan pernah menyemprotkan air dari depan (wajah) si burung, karena burung akan takut.
  • Saat masih dalam keadaan basah, mulailah untuk mengelus bagian punggung dan dada si burung. Dengan keadaan sayap yang basah dan tidak bisa terbang, burung akan menurut dan semakin lama akan merasakan kasih sayang dari Anda.
  1. Melatih Kacer Menggunakan Lidi

Metode ini bisa Anda lakukan setelah pelatihan mandi, atau pada saat burung merasa lapar karena Anda belum memberikan makan. Caranya adalah:

  • Jika burung tidak mau mengambil makanan dari tangan Anda (seperti pada metode nomor dua tadi), gunakan ujung sapu lidi untuk menusuk makanan burung lalu berikan kepadanya.
  • Pada awalnya, burung mungkin masih enggan untuk mengambil. Tapi saat sudah sangat kelaparan, burung akan langsung menyantapnya.
  • Setelah burung Anda merespon, potong sapu lidi menjadi semakin pendek secara bertahap, hingga akhirnya sapu semakin dekat dengan tangan Anda.
  • Setelah burung tidak takut lagi berada dekat dengan tangan Anda, berikan makanan langsung dengan tangan.
  1. Tempatkan Burung Kacer di Sangkar Kecil

Dengan memberikan sangkar yang cukup sempit, maka Anda telah memberikan sedikit ruang untuk burung bergerak atau berpindah tempat. Jadi, burung kacer yang awalnya memiliki sifat liar karena tinggal di alam akan mulai terbiasa diam dan jinak. Namun, lakukan hal ini hanya untuk sementara waktu. Setelah kacer terlihat lebih anteng, segera pindahkan ke sangka besar agar ia lebih nyaman.

  1. Lokasi Sangkar Kacer

Trik terkait pemilihan lokasi sangkar burung kacer adalah sebagai berikut:

  • Saat pertama kali membawa burung kacer liar ke rumah Anda, tempatkan sangkar di ruangan yang tenang, yang tidak banyak orang berlalu lalang.
  • Untuk menunjang suasana alam, Anda bisa memberikan suara aliran atau gemericik air, misalnya dengan menempatkan sangkar di dekat kolam atau dengan menggunakan rekaman air dari smartphone.

Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi tingkat agresif dan stress dari burung kacer, sehingga burung lebih tenang dan tidak mudah menyerang. Burung juga dapat beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan barunya. Setelah burung tampak lebih tenang dan nyaman, lanjutkan pelatihan pada poin di bawah ini.

  1. Berlatih di Lingkungan yang Ramai Kacer

Metode ini bukan berarti Anda harus langsung membawa burung ke pasar atau tempat ramai lainnya yang ada banyak orang. Hanya cukup di lingkungan sekitar rumah yang kerap digunakan untuk berkumpul, seperti di teras atau rumah tetangga dekat. Hal ini bertujuan untuk membiasakan si burung agar tidak kaget ketika melihat banyak orang.

Cara menjinakan burung kacer lainnya adalah dengan mencium kepala burung dan memberinya nama. Meskipun tidak banyak yang melakukan tapi bisa juga untuk Anda coba. Dua hal ini dilakukan sebagai ungkapan sayang kepada si burung, yang mungkin saja ia akan merespon dengan nalurinya.

Kesimpulan

Langkah-langkah diatas adalah cara untuk menjinakan burung kacer yang paling mudah untuk seorang pemula. Dengan ketekunan dan kesabaran yang ulet, bila cara diatas kamu lakukan dengan benar bukan tidak mungkin kacer yang kamu miliki menjadi jinak dan tidak takut dengan manusia.

Cara yang saya bagikan ini sudah banyak dilakukan oleh para ahli kacer yang berpengalaman dibidang ini. Sehingga tingkat keberhasilanya terbilang cukup tinggi.