Cara Menjodohkan Burung Kenari

Cara menjodohkan burung kenari terbilang susah-susah gampang. Dibilang susah karena Anda tidak boleh asal menjodohkan, karena keturunan yang dihasilkan nanti tergantung pada indukan yang Anda pilih, jadi Anda harus berhati-hati. Dan kualitas dari hasil keturunan ini akan sangat berpengaruh pada harga jual. Tentunya Anda ingin harga jual yang tinggi, bukan?

Cara Menjodohkan Burung Kenari

Gambar Proses Menjodohkan Burung Kenari

Dan disebut gampang karena caranya cukup mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan, bahkan meskipun Anda adalah pemula dalam hal in. Namun sebelum mempelajari cara menjodohkan, Anda harus tahu dulu tentang ciri-ciri burung yang siap kawin dan syarat apa saja yang harus dimiliki indukan burung sebelum dijodohkan. Berikut pembahasan lengkapnya.

5 Cara Cepat Menjodohkan Burung Kenari

Ada lima langkah yang perlu Anda lakukan saat ingin menjodohkan kenari betina dan jantan, yaitu:

  1. Lakukan Pendekatan Kenari

Tidak hanya manusia, hampir semua hewan juga melakukan pendekatan sebelum akhirnya melakukan perkawinan. Pendekatan pada burung bisa dilakukan dengan mendekatkan kandangnya. Anda bisa melakukannya secara bertahap, yaitu pada masa awal cobalah dekatkan kandang hanya sekitar 30 menit misal, kemudian menjadi 1 jam, dan begitu seterusnya sampai burung tertarik satu sama lain.

  1. Satukan Burung Kenari

Setelah kenari jantan dan betina menunjukkan tanda-tanda ketertarikan, kini saatnya menempatkan kedua burung dalam satu kandang. Menurut sejumlah penggemar burung, waktu terbaik untuk menyatukan indukan adalah saat pagi atau sore hari.

  1. Awasi Proses Perkawinan Kenari

Sama seperti manusia, burung yang tampaknya sudah tertarik satu sama lain juga bisa saling bertengkar, bisa karena berebut makanan/minuman, atau karena hal lainnya. Karena itu, Anda harus selalu melakukan pengawasan.

Meskipun pertengkaran semacam ini wajar bagi burung, namun dengan pengawasan, Anda bisa meminimalisir resiko. Terutama dalam hal burung yang terluka dan kemudian sakit karena dipatuk atau terkena cakar.

  1. Berikan Kenari Cukup Waktu untuk Proses Perkawinan

Meskipun saling tertarik dan sudah berada dalam satu kandang, burung kenari tidak akan langsung melakukan perkawinan. Ada selang waktu tertentu, biasanya 3 hingga 4 hari.

Jika setelah 5 hari masih tidak terjadi perkawinan, Anda bisa memisahkan kembali kedua indukan untuk nantinya diulang lagi prosesnya di lain hari.

  1. Berikan Kenari Makanan Bergizi

Agar burung memiliki stamina yang cukup dan stabil saat proses perkawinan, Anda harus memberikannya makanan yang bergizi dan seimbang. Terlihat sepele namun hal ini cukup penting, karena merupakan salah satu faktor keberhasilan pada proses perkawinan.

Makanan bergizi ini bisa berupa biji-bijian atau buah dan sayur. Akan lebih baik lagi jika Anda menambahkan multivitamin burung, yang bisa Anda beli di berbagai toko pakan burung.

Ciri-Ciri Burung Kenari yang Siap Kawin

Sama seperti semua hewan, burung kenari juga memiliki tanda-tanda saat ia siap dijodohkan/dikawinkan, yaitu:

  1. Kenari Betina

  • Ciri pertama dan paling mudah dikenali saat kenari betina siap kawin adalah ia kerap membawa daun-daun kering ke dalam sarang, yang nantinya untuk menempatkan telur-telur. Kadang juga berupa puntung rokok, kertas, atau bulu-bulunya yang rontok.
  • Kenari betina akan mengepakkan kedua sayapnya dan kadang diiringi dengan bunyi kicauan kecil saat kenari jantan berada di dekatnya. Ini adalah bentuk respon kenari betina kepada sang jantan.
  • Si betina seringkali terlihat gelisah saat mendengarkan suara kicauan dari kenari jantan yang jauh darinya.
  • Bulu kenari betina lebih sering rontok
  • Anda juga bisa mengecek dari fisik burung, yaitu dengan melihat kelamin burung betina. Jika alat kelamin kenari betina terlihat membengkak dan sudah berwarna merah, maka burung kenari Anda sudah masuk masa kawin.
  1. Kenari Jantan

  • Kenari jantan yang sudah siap kawin biasanya akan berkicau lebih sering dan dengan suara yang lantang dan panjang. Hal ini menandakan bahwa burung sedang dalam masa birahi.
  • Pada umumnya, kenari jantan yang berkicau saat musim kawin suka menurunkan kedua bagian sayapnya.
  • Tingkah laku kenari jantan juga akan berbeda dari biasanya, yaitu sering naik turun kandang. Apalagi saat kandang kenari jantan didekatkan dengan sang betina, tingkahnya akan semakin aneh dan aktif. Hal ini guna menarik perhatian lawan jenisnya.

Syarat-Syarat Indukan Burung Kenari

Untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas, tentunya Anda harus menyeleksi burung kenari terlebih dahulu. Adapun syarat-syarat indukan kenari yang bagus adalah sebagai berikut:

  • Burung harus memiliki usia yang cukup dewasa, yaitu 6 bulan untuk kenari betina dan 9 bulan untuk kenari jantang. Pada usia ini, organ reproduksi burung sudah sangat matang, sehingga burung akan cepat menghasilkan telur setelah proses perkawinan selesai. Dan tingkat keberhasilan dari perkawinan tersebut hampir 100%.
  • Pilihlah indukan yang paling aktif (baik jantan maupun betina).
  • Pastikan bahwa indukan tersebut sedang dalam keadaan sehat dan fisiknya sempurna.

Kesimpulan

Jika Anda mengikuti setiap langkah dari cara menjodohkan burung kenari pada penjelasan di atas, dan memperhatikan semua syarat serta detail lainnya, kemungkinan besar perjodohkan burung Anda akan berhasil. Sebagai tambahan informasi, proses ini akan lebih cepat jika kenari betina sudah bertelur sebelumnya. Dan bisa berlangsung lebih lama jika kenari betina belum pernah bertelur.

Baca juga

Daftar harga burung kenari anakan dan indukan