Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Menang Bertarung

Dikenal sebagai hewan yang mempunyai performa bagus dalam bertarung, fisik yang kuat dan pukulan keras, ayam bangkok dilirik banyak orang untuk dipelihara. Namun sayangnya sebagian besar dari mereka yang memelihara kurang memahami bagaimana cara merawat ayam bangkok yang benar. Padahal perawatan ayam sejak mudak (lancur) menentukan kualitas ayam bangkok saat dewasa.

Setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam perawatan dan melatih fisik, nafas, mental serta kemampuan bertarung ayam bangkok. Namun ada cara rahasia agar ayam yang sobat pelihara tumbuh menjadi ayam yang tangguh dan mempunyai mental juara.

5 Cara Merawat Ayam Bangkok Pemula

Kandang Yang Sesuai Untuk Ayam
Menyesuaikan usia ayam dengan ukuran kandang adalah cara merawat ayam bangkok yang harus sobat ketahui. Untuk ayam indukan dengan ayam anakan harus menggunakan kandang yang berbeda. Kedua kandang tersebut harus dipisah sebab cara memeliharanya juga tidak sama. Hal ini harus dipahami oleh peternak ayam bangkok pemula.

Pada anakan ayam bangkok yang baru menetas, sebaiknya didalam kandang dilengkapi dengan lampu untuk menjaga kehangatan anak ayam. Suhu yang terlalu dingin menyebabkan anak ayam mudah mati. Lampu yang digunakan jangan terlalu besar, lampu ukuran 5 watt saja sudah cukup memberikan kehangatan.

Bila umurnya sudah mencapai 2 bulan, pindahlan ke kandang yang ukuranya lebih besar. Kebersihan kandang harus sobat jaga setiap hari. Pada usia tersebut, ayam sudah saatnya mandai tanah agar pertumbuhan tulang optimal dan membiasakan ayam dengan kondisi sekitarnya.

Perhatikan Jenis Pakan dan Cara Pemberian Pakan
Dalam merawat binatang kesayangan, pemberian pakan merupakan hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. termasuk dalam merawat ayam bangkok. Selain berguna sebagai sumber tenaga, jenis pakan yang diberikan berpengaruh terhadap performa dan tingkah laku ayam.

  1. Berikut ini adalah langkah-langkah yang benar memberikan pakan ayam bangkok :
    Porsi pakan disesuaikan dengan berat badan ayam. Misalnya, ayam memiliki bobot badan 4 kilogram memerlukan pakan sejumlah 200 hingga 300 gram dalam sekali makan. Bila dalam sehari makan dua kali, total yang diberikan 600 gram.
  2. Jenis pakan yang diberikan sesuaikan dengan usia ayam. Pakan untuk ayam yang masih anakan tentunya berbeda dengan ayam yang sudah dewasa.
  3. Saat anakan ayam berusia satu bulan, sebaiknya berikan suplemen dan vitamin secara teratur. Waktu yang tepat memberikan vitamin dan suplemen yaitu sore hari sebelum jam 17.00.

Rutin Memandikan Ayam
Memandikan ayam setiap pagi adalah cara menjaga performa ayam bangkok, namun tidak boleh sembarangan dalam memandikan sebab bisa mengurangi performa pada ayam. Waktu yang tepat memandikan pukul 08.00 pagi dengan catatan cuaca sedang cerah. Saat memandikan gunakanlah air bersih, jangan gunakan sabun dan jangan menggunakan air hangat untuk menjaga keindahan bulu ayam.

Cara memandikan ayam bangkok yang benar sebagai berikut :

  1. Pegang ayam dan basuh perlahan kepalanya menggunakan busa yang diberi air.
  2. Siram leher hingga pangkal tengkuk ayam secara berlahan.
  3. Selanjutnya, keringkan kepala smapai pangkal tengkuk ayam menggunakan handuk khusus.
  4. Periksa bagian kloaka, bila banyak kotoran segera bersihkan.
  5. Pada bagian sayap, ketiak dan kaki basuh menggunakan handuk basah.
  6. Bagian punggung ayam jangan sering-sering disiram iar karena membuat bulu ayam kusut.

Jemur Ayam
Selesai memandikan ayam, saatnya penjemuran untuk mengeringkan air yang ada di bulu ayam. Masukan ayam ke dalam kurungan bulat dan beri pemberat dibagian atas kurungan. Penjemuran ayam harus terkena sinar matahari langsung dan waktu yang tepat pukul 10.00, jemur hingga bulu ayam benar-benar kering. Sobat juga harus tau apa saja kendala ternak ayam bangkok di rumah.

Melatih Ayam
Melatih ayam bangkok mudah untuk menjadi petarung handal. biar pukulan keras dan jadi juara bisa dimulai saat usianya 6 atau 7 bulan. Sobat bisa melatihnya dengan diadu ayam sejenis (sparing), senam rutin dan melepas liarkan ayam. Latihan tersebut bertujuan membentuk otot kaki pada ayam dan melatih kecerdasan ayam dalam bertarung.

Saat sparing dengan ayam lain, sebaiknya cukup 5 sampai 10 menit saja. Setelah itu istirahatkan ayam selama dua minggu dan sobat tetap melakukan perawatan seperti biasanya. Sesi sparing yang kedua, sobat bisa melakukanya dengan kurun waktu 15 menit. Sering-seringlah sparing agar ayam memiliki kemampuan bertarung maksimal.

Sabar Dalam Merawat Ayam

Diperlukan sebuah kesabaran dalam cara merawat ayam bangkok agar menunjukan hasil yang maksimal sesuai ekspetasi sobat. Sebab kesabaran adalah kunci utama kesuksesan dan sobat sebaiknya lebih banyak belajar merawat ayam. Jika gagal mengalami kegagalan untuk pertama kali, jangan menyerah sobat. Cobalah memelihara lagi dari anakan dan analisa kesalahan yang sebelumnya sobat lakukan.

Sobat sudah siap memelihara ayam bangkok dirumah?