Cara Merawat Kacer Biar Jinak Dan Gacor

Pemilik burung kacer, akan merawat hewan peliharaan kesayanganya dengan hati-hati untuk menjaga kualitas suara dan kecerdasan burung. Selain harganya yang terbilang lumayan mahal, kacer terkenal dengan suaranya yang merdu dan pintar menirukan suara burung lain. Karena keunggulanya itulah burung kacer yang bagus sering di ikut sertakan dalam lomba. Bagi sobat yang pemula dengan burung kacer dan ingin merawatnya, tips cara merawat kacer biar jinak dan gacor ini bisa dijadikan panduan.

Apa itu gacor? Sebutan untuk burung kicau yang memiliki kualitas dan sering menang lomba. Gacor sendiri artinya mantap, keren atau bagus. Kurang diketahui asal muasal dari mana datangnya istilah ini. Penggunaan kata gacor sudah akrab di telinga kicau mania.

Jenis Burung Kacer di Indonesia

Habitat asli burung kacer di hutan, burung ini tersebar di Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Bali. Jenis burung ini disetiap pulau berbeda satu sama lain. Lebih jelasnya, sobat simak jenis burung kacer yang ada di Indonesia berikut ini.

Kacer Jawa (Lokal)
Burung kacer jawa memiliki ciri warna dominan hitam dan terdapat warna putih di kedua bagian sayap dan ekor bagian bawah. Jenis kacer ini memiliki kepandian menirukan ritme kicau dari burung lain.

Kacer Sumatera (Poci)
Jenis burung kacer yang banyak mendapatkan pujian dari kicau mania ialah kacer Sumatera. Cukup mudah mengenali jenis kacer ini dari fisiknya, yaitu, bagian leher, punggung, ekor dan kepala berwarna hitam. Untuk bagian dada, perut dan tengah sayap berwarna putih. Burung kacer Poci memiliki kemampuan menirukan irama kicauan burung lain.

Kacer Kalimantan
Hampir sama dengan jenis lainya, burung kacer kalimantan bila dilihat dari warna bulu mirip kacer Sumatera. Hanya saja yang membedakan, pada bagian dada jenis burung ini warnanya hitam.

Kacer Madagaskar
Jenis kacer Madagaskar habit aslinya berada di Afrika. Sekilas dari fisiknya terlihat hampir mirip dengan kacer poci. Tubuh Kacer Madagaskar lebih terlihat bulat dari jenis lainya, ekspresi mbagong dan suara kristal.

Kacer Blorok
Hasil kawin silang antara kacer jawa dan poci ialah kacer Blorok. Ciri khasnya warna bulu dominan hitam dan terdapat bulu yang seperti berantakan.

11 Cara Merawat Kacer Biar Gacor dan Menang Lomba

Membuat kacer gacor, bersuara merdu dan siap lomba bukan hal yang mudah. Sobat harus merawatnya setiap hari dengan telaten, rutin dan sabar. Proses yang diperlukan panjang, tidak bisa dengan waktu yang singkat.

Namun dengan menerapkan tips merawat kacer yang baik berikut ini, sobat bisa menghasilkan burung kacer yang suara merdu sepanjang hari. Udah ga sabar ingin tau ya? Dibawah ini langkah-langkah yang harus sobat lakukan.

Pastikan Jenis Kelaminya Jantan
Sobat harus tau nih, hanya Kacer jenis kelamin jantan saja yang bisa menghasilkan suara merdu dan gacor. Seperti apa ciri-ciri burung kacer jantan ? Lihat dibawah ini

  • Kepala kacer jantan lebih rata dan terlihat lebih persegi dari betina.
  • Pada bagian atas dan bawah kacer jantan berwarna hitam dan paruhnya lebih pendek.
  • Terdapat bercak berwarna hitam pada lidah kacer jantan.
  • Pada bagian sayap dan punggung berwarna hitam.
  • Tubuhnya langsing, tegap dan dada lebih bidang. Saat berusia dewasa, tubuh kacer jantan lebih bulat.
  • Ekor kacer jantan terlihat rapat saat diposisi diam.
  • Kacer jantan mempunyai suara yang nyaring, bervariasi dan gacor.
gambar burung kacer jantan

gambar burung kacer jantan

Berikan Pakan Burung Kacer Terbaik
Salah satu rahasia agar kacer gacor terus siang malam terdapat di makanan yang sobat berikan. Jenis pakan kacer ada dua, yaitu alami dan buatan. Untuk pakan alami sobat bisa memberikan ulat hongkong, belalang kecil, jangkrik, cacing tanah, kroto, ulat bambu atau orong-orong. Pakan alami sebaiknya diberikan secara variasi, misalnya 2 atau 3 ekor jangkrik di pagi hari, untuk sorenya berikan ulat hongkong sebanyak 5 ekor. Sobat bisa memberikan variasi pakan alami lainya.

Pakan buatan seperti pur dan sejenisnnya. Pakan pur yang diberikan harus mempunyai protein sebanyak 12 hingga 18% dan pakan diganti dua hari sekali.

Minuman yang bagus untuk burung kacer para ahli sepakat sebaiknya diberikan minum air matang. Tujuanya mencegah bakteri yang dapat menimbulkan penyakit dan dapat merusak kualitas suara burung.

Rutin Membersihkan Kandang
Cara merawat kacer berikutnya menjaga kebersihan kandang. Sobat harus rutin setiap hari membersihkan kandan kacer dari kotoran dan makanan yang tumpah. Bila terlambat membersihkan, dampaknya kacer rawan terserang jamur atau bakteri yang berbahaya untuk kesehatan kacer.

Memandikan dan Menjemur Kacer
Sebelum memandikan, sebaiknya kacer di angin-anginkan terlebih dulu kurang lebih selama 15 menit. Selanjutnya mandikan burung dan jemur antara jam 8 sampai jam 10 pagi. Memandikan kacer menggunakan sprayer yang bisa sobat dapatkan di warung pakan burung.

Melatih Suara Burung Kacer
Waktu yang tepat melatih suara burung kacer pada sore atau malam hari. Bila udara di malam hari terlalu dingin, sobat bisa melatihnya sore hari. Dalam melatih suara kacer, gunakanlah suara burung kacer yang merdu dan sering menang lomba. Suara tersebut bisa sobat peroleh dari Youtube atau download di internet.

Lingkungan Yang Bagus Untuk Kacer
Kacer suka sekali dengan lingkungan dengan suasana tenang. Saat sobat memelihara kacer, usahakan memiliki lingkungan yang tenang dan jauh dari keramaian yang bisa membuat kacer stress. Hindarkan kacer dari binatang pemangsa seperti semut, ular, kucing, tikus, anjing dan lainya.

Melatih Mental Kacer
Bila ingin melatih mental kacer, sobat bisa membawanya ke gantangan pasar, tempat keramaian atau kerumah tetangga yang punya burung kacer. Bisa juga dengan melatih mentalnya di kebun maupun sawah.

Menjinakan Burung Kacer
Ada beragam cara menjinakan burung kacer, diantaranya memberikan pakan dengan tangan sobat, memanggil namanya, mengelus-elus bulunya, duduk bersebelahan dengan kacer dan masih banyak lagi.

Kerodong Kandang di Malam Hari
Kacer burung yang sensitif dengan udara dingin. Bila udara terlalu dingin berpengaruh besar terhadap kesehatanya. Pada malam hari sebaiknya kandang kacer dikerodong untuk menjaga kehangatan.

Umbar Secara Berkala
Mengumbar burung kacer memiliki manfaat untuk menstabilkan birahi, meningkatkan stamina dan menjaga kebugaran tubuh burung. Pengumbaran tidak harus dilepas ke alam bebas, pindahkan burung ke kandang yang besar berbentuk persegi panjang agar lebih leluasa dalam bergerak.

Adu Dengan Burung Kacer Lain
Ingin tau seberapa gacornya kacer yang sobat pelihara? Sekali tempo cobalah adu dengan kacer lain. Selain sobat bisa menilai tingkat kehebatan kacer yang sobat pelihara, mengadu kacer berguna juga untuk memancing kacer agar lebih gacor dari lawanya. Untuk awal-awal, pilihlah yang levelnya setara agar burung sobat tidak stress dan minder.

Gimana sobat, cara merawat kacer biar jinak dan gacor tidak sesulit yang sobat kira kan? Informasi ini saya dapatkan dari ahli burung kacer yang sudah memeliharanya bertahun-tahun, sehingga sudah teruji tingkat keberhasilanya. Jangan lupa bagikan informasi ini ya, biar temen sobat juga nambah ilmunya.