Cara Merawat Kenari Bakalan Cepat Gacor

Cara merawat kenari bakalan agar cepat gacor dan rajin bunyi setiap hari memerlukan waktu ekstra dalam melatihnya. Terlebih lagi bila indukanya kurang memiliki kualitas yang layak sebagai burung kicau. Bila ingin burung kenari bakalan cepat gacor siang malam, rajin bunyi, cepat bunyi dan ngerol panjang harus memperhatikan jenis pakan, perawatan setiap hari, lingkungan yang nyaman untuk burung, kebersihan kandang dan lain sebagainya.

Cara Merawat Kenari Bakalan

Gambar burung kenari bakalan

Burung kenari dengan nama latin Seriuns Canaria menjadi pilihan banyak orang untuk dipelihara karena kepincut dengan suara kicaunya yang merdu. Bukan suatu hal yang mengeherankan bila burung ini mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Ukuranya yang kecil, bulu yang terlihat indah serta harga yang mahal turu menjadi alasan kenapa kenari banyak dipelihara.

Nah, untuk sobat khususnya yang masih pemula dan penasaran seperti apa cara perawatan burung kenari bakalan, akan saya ulas lengkap langkah-langkahnya. Berikut ini adalah cara paling mudah dan efisien merawat kenari dari pwhm blog.

12 Cara Merawat Kenari Bakalan Cepat Gacor

Berikan Pakan Kenari Sesuai Porsinya

Merawat kenari bakalan umur 2 bulan berbeda dengan yang sudah dewasa dan gacor, terlebih lagi pada pemberian porsi pakan setiap hari. Memberi makan dalam porsi berlebih menyebabkan tubuh kenari cepat gemuk dan malas berbunyi. Sebaiknya berikan pakan berupa biji-bijian dengan porsi sepertiganya kenari dewasa.

Hindari kenari kekurangan pakan, hal tersebut menyebabkan burung jarang berkicau, lemas karena kurang makan bahkan hingga berujung pada kematian. Untuk air minum juga tidak kalah pentingnya sobat. Berikan air minum bersih untuk kenari dan periksa berkala setiap hari. Jangan sampai burung kekurangan air minum.

Biji-Bijian Pakan Utama Kenari

Memperhatikan makananya adalah kunci kenari bisa hidup panjang dan memiliki kualitas, sama halnya seperti merawat burung kacer. Kenari termasuk dalam burung pemakan biji-bijian, bukan pemakan serangga. Kenari memerlukan sebanyak 12% protein dari total pakan yang diberikan. Sebaiknya pakan berupa biji-bijian sobat campurkan dengan kroto, roti kering, timun atau wortel supaya kebutuhan proteinya dapat terpenuhi.

Egg Food Untuk Variasi Pakan Kenari

Ada yang belum tau apa itu egg food? Adalah telur rebus yang dipotong kecil-kecil kemudian diberikan pada burung kenari atau dicampukan dengan pakan lain agar kebutuhan nutrisi terpenuhi. Cara merawat kenari bakalan dengan pakan egg food ini berguna meningkatkan stamina kenari sehingga memiliki kicau yang panjang.

Pemberian egg food tidak ada aturan baku, namun menurut orang yang sudah berpengalaman sebaiknya diberikan 4x saja dalam seminggu agar kenari tidak melupakan pakan utamanya, yaitu berupa biji-bijian.

Pakan Kenari Berupa Daun Hijau

Salah satu penyebab kenari malas bunyi dan susah gancor kurangnya pemberian pakan berupa daun-daunan yang masaih hijau. Jenis daun yang digunakan biasanya dari tumbuhan mengkudu atau krokot. Kalau sobat ingin tau rahasia suara kristal pada kenari, sumbernya dari pakan kedua daun tersebut. Bila kamu ingin tau yang membedakan kenari jantan dengan betina, baca artikel cara membedakan burung kenari jantan dan betina di blog saya ini.

Perawatan Standar Kenari Harus Rutin Dilakukan

Perawatan standar burung kenari meliputi memandikan, menjemur dan memberishkan sangkar. Tidak beda jauh dengan burung kicau launya, perawatan ini harus sobat lakukan setiap hari guna menjaga kesehatan pada burung. Mandikan burung kenari setiap hari sekitar pukul 8 pagi kemudian jemur dibawah sinar matahari selama 1.5 jam. Jangan lupa juga bersihkan kandang burung dari kotoran dan sisa pakan.

Suplement Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Kenari

Selain memberikan pakan biji-bijian, daun hijau dan egg food, suplement ini juga penting diberikan pada burung untuk menjaga daya tahan tubuh dan menambah kecerdasanya. Ada banyak yang jenis suplemen, yang paling sering diberikan pada kenari Fish Liver Oil karena mempunyai beragam manfaat yang dibutuhkan. Harga suplement untuk burung kenari ini berkisar Rp 47 ribuan.

Waktunya Melatih Kenari Bakalan

Setelah sobat memberikan perawatan yang bagus dan pakan yang bervariasi kaya nutrisi, kini saatnya kenari belajar bunyi merdu agar menang lomba gantangan. Ahli burung kicau banyak yang sepakat, seharusnya kenari dilatih saat masih bakalan sebab memorinya masih kuat untuk mengingat-ingat suara yang diajarkan.

Untuk melatih burung kenari suara panjang dan cepat gacor, bisa menggunakan suara kenari lain yang memiliki karakteristik nembak atau ngerol. Tidak sulit mendapatknya, sobat bisa mengunduhnya di internet atau mendapatkanya pada situs Youtube.

Menjaga Kenyamanan Kenari

Langkah penting yang tidak boleh dilupakan cara merawat kenari bakalan cepat gacor dengan memberikan kenyamanan yang layak. Seperti apa kenyamanan yang dibutuhkan kenari?

Mudah sekali, pertama-tama perhatikanlah porsi pakan dan minum, menjaga kebersihan pakan dan minum serta memberikanya setiap hari. Menjaga kebersihan kandang agar burung tidak terkena penyakit maupun bakteri yang berbahaya.

Perhatikan juga tempat sobat menggantang kenari. Pilih tempat yang mempunyai udara bersih, sejuk dan sedikit polusi. Jangan gantang di tempat seperti area merokok, banyak asap knalpot kendaraan, asap pembakaran sampah dan polusi udara lainya.

Hindari menggantang burung di tempat ber AC, banyak kipas angin, ada kompresor menyala atau suara musik yang keras. Hal tersebut membuat burung stress dan malas bunyi.

Hindarkan burung ini dari hewan pemangsa seperti semut merah, tikus, kucing, anjing, luwak dan hewan pemangsa lainya.

Adu Dengan Burung Kenari Lainya

Hal ini berguna untuk melatih mental dan mengajarkan burung bunyi yang bagus. Bila tidak ada tetangga yang memilihara burung kenari sudah gancor, tidak ada salahnya sobat juga mempunyai kenari yang sudah gancor dirumah.

Siapkan Kandang Khusus Untuk Mandi Kenari

Mungkin sobat ada yang belum tau burung ini memerlukan mandi sendiri, paling tidak sekali dalam waktu seminggu. Siapkanlah kandang khusus, kemudian letakan wadah yang berisi air bersih dan biarkan burung mandi sendiri selama beberapa saat. Agar tidak kedingingan saat mandi, waktu yang tepat sebaiknya pagi hari sekitar jam 07.00, saat matahari terbit.

Setelah sesi mandi selesai, jemur kenari agar cepat kering. Selama dijemur sebaiknya selalu sobat awasi ya agar burung tersebut tidak hilang diambil orang.

Waspada Terhadap Penyakit Pada Kenari

Penyebab utama burung kenari terserang penyakit ialah kandang yang tidak dijaga kebersihanya. Pada kandang yang kotor terdapat jamur, virus dan bakteri yang mengancam kesehatan kenari. Burung yang terkena penyakit mengalami lemas, berat badan berkurang dan mati,

Penyakit yang sering dialami dan menyerang kenari seperti difteri, kolera, TBC, klamida, kandidiasis dan infeksi pada bagian lambung. Hindarkan kenari dari asap roko karena burung ini sensitif sekali terhadap kualitas udara.

Rawat Burung Kenari Dengan Konsisten

Bila sobat ini mempunyai kenari yang kualitas suara bagus, stamina panjang, sehat dan tumbuh optimal, perlu melakukan cara merawat kenari bakalan cepat gacor dengan baik dan konsisten.

Merawat burung ini memerlukan ketelatenan dan kesabaran dalam merawatnya setiap hari. Burung kenari tidak mungkin memiliki kualitas yang bagus bila dipelihara dengan ala kadarnya.

Kesimpulan

Bagi pemula yang baru pertama kali ingin memelihara kenari, bila membeli yang gacor tentu harganya mahal dan kurang terjangkau. Sebagai solusinya kamu bisa membeli yang bakalan atau anakan kemudian kamu rawat dan latih dengan baik agar gacor dan siap untuk diikutkan lomba.

Memilih kenari bakalan tentu harga jauh lebih murah namun memerlukan waktu ekstra dalam merawatnya. Salah dalam memberi perawatan harian, bisa-bisa burung tersebut malah malas berbunyi. Untuk itu, pahami artikel ini dengan baik.

Kini sobat sudah taukan hal-hal dasar yang diperlukan dalam perawatan burung kenali bakalan. Sudah siap belum untuk memeliharanya?

Baca juga

Perbedaan burung kenari jantan dan betina

Daftar harga burung kenari lengkap terbaru

Cara menjodohkan burung kenari

Cara perawatan burung kenari yang mabung

Mengatasi kenari yang macet bunyi

Cara yang benar memandikan kenari

Makanan burung kenari biar gacor

Cara membuat burung kenari cepat gacor