Doa Melunasi Hutang Habib Novel Alaydrus

Apakah Sobat Pwhm sedang punya hutang yang belum terbayar? Kalau jawabannya iya, maka Sobat Pwhm perlu mempelajari tentang doa melunasi hutang dalam artikel berikut nih. Doa ini datang dari Nabi Muhammad SAW untuk membantu seorang Muslim bernama Muaz bin Jabal yang kala itu terjerat banyak hutang dengan kaum Yahudi.

Muslim tersebut pernah berhari-hari ditahan/dijadikan tawanan sebelum akhirnya datang kepada Rasulullah dan minta pertolongan. Setelah berkeluh kesah, sang Rasul berkata akan mengajarkan padanya dua potong ayat yang jika ia bersedia mengamalkannya, maka Allah akan meluaskan rezekinya untuk membantu melunasi semua hutangnya, meskipun sebesar gunung banyaknya.

Hukum Membayar Hutang Dalam Islam

Berdasarkan beberapa hadist dan ayat dalam Al-Qu’ran, salah satunya adalah surat Al-Baqarah ayat 280 yang menyebutkan bahwa umat Muslim yang ingin dinaungi Allah dengan naungan-Nya (pada hari kiamat), harus segera menangguhkan hutangnya alias melunasi.

Maka disimpulkan bahwa hukum membayar hutang dalam islam adalah wajib. Nabi Muhammad SAW bahkan mengatakan untuk segera melunasi hutang jika memang si penghutang sudah mampu membayar dan akan lebih baik memberi hadiah pada orang yang telah meminjamkan sebagai bentuk terima kasih.

Baca Juga : Kumpulan bacaan doa tawasul lengkap

Hukum Tidak Melunasi Hutang Dalam Islam

Islam memang terkenal sangat ketat jika berkaitan dengan hutang piutang. Karena itu, sangat disarankan bagi umat Muslim untuk menghindari hutang. Tapi jika memang harus/terpaksa/mendesak/sangat butuh, Islam juga memperbolehkan, tapi dengan beberapa catatan:

  • Peminjam harus bertekad (berniat) untuk melunasi.
  • Harus dipastikan bahwa si peminjam kemungkinan besar mampu membayarnya,
  • Hutang piutang harus dilakukan sesuai dengan syariat Islam (dengan surat perjanjian tertulis dan ada yang menjadi saksi).
  • Pemberi hutang sangat dilarang untuk mengambil keuntungan (biasa disebut bunga).
  • Peminjam harus cepat membayar hutang kalau sudah mampu.

Dalam agama Islam, hutang sama dengan janji yang harus dipenuhi. Jadi, jika ada orang-orang yang tidak membayar hutangnya padahal ia mampu, maka ia telah melakukan dosa. Dalam hadis Riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Menunda (pembayaran) bagi orang yang mampu merupakan suatu kezaliman.”

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Hasan-al-Nasaa’i, Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata bahwasannya orang yang berhutang tapi tidak membayar, orang tersebut tidak akan pernah masuk surga sebelum hutangnya dilunasi.

Karena itu, sangat disarankan untuk peminjam melunasi hutang sebelum jatuh tempo/waktu akad habis. Hal ini untuk menghindari si peminjam membawa hutangnya dalam kematian. Karena meskipun sudah meninggal, si peminjam akan tetap ditagih dan diminta pertanggung jawaban di akhirat kelak (kecuali pemberi hutang sudah mengikhlaskan).

Kumpulan Doa Melunasi Hutang Dari Habib Novel Alaydrus

  1. Doa pelunas hutang Berdasarkan HR. Tirmidzi No 3563:

 

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Do’a ini bisa Sobat Pwhm tambah dengan bacaan berikut (opsional):

 

اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

  1. Dari Hisnul Muslim (129):

 

اللَّهمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحُزْنِ ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ وَالبُخْلِ وَالبُنِ

  1. Ada juga doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga berdasarkan HR. Muslim No 2713:

 

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

 

Supaya doa di atas ampuh, disarankan bagi Sobat Pwm untuk melakukan amalan melunasi hutang dengan cara berikut:

  • Sucikan diri / berwudhu
  • Duduklah dengan nyaman dan rileks di atas tempat tidur
  • Awali dengan membaca surat Al-Fatihah 3x
  • Baca salah satu doa di atas sebanyak 3x
  • Ucapkan hajat Sobat Pwm
  • Baca dzikir الحَمْدُ للهِ (Alhamdulillah) sebanyak 11x
  • Kemudian tidurlah

Lakukan tata cara di atas dengan khusyuk dan konsentrasi setiap kali Sobat Pwm hendak tidur di malam hari, minimal 40 hari berturut turut. Kalau ingin yang lebih maksimal, Sobat Pwm bisa menambahkan solat tahajud dan solat hajat di sepertiga malam.

Kesimpulan Pembahasan Doa Melunasi Hutang Mujarab

  • Islam menganjurkan umat Muslim untuk menghindari hutang, tapi jika karena suatu keadaan tertentu harus berhutang, disarankan untuk melakukan perjanjian tertulis dan ada saksi serta niat melunasi.
  • Hukum membayar hutang dalam islam adalah wajib, jadi orang yang tidak membayar hutang sama dengan melakukan dosa.
  • Kumpulan doa untuk melunasi hutang di atas adalah ajaran dari Rasulullah, yang jika diamalkan dengan sungguh-sungguh dan dengan cara yang benar, insya Allah akan membuahkan hasil.

Agar doa pelunas hutang bisa diterima oleh Allah, tentunya ada syarat dan yang harus Sobat Pwm penuhi. Di antaranya adalah harus mengkonsumsi makanan yang halal, mengerjakan amal shalih (seperti sholat 5  waktu, membaca Al-Qur’an, puasa, dll), serta jauhi segala hal yang haram.