Harga Burung Kenari Gacor

Harga burung kenari gacor terbilang tidak terlalu mahal bagi sebagian besar pecinta burung. Karena harga rata-ratanya masih kisaran ratusan ribu. Sedangkan yang jutaan hanya beberapa jenis saja. Burung kenari sendiri merupakan salah satu burung paling populer di Nusantara.

harga burung kenari gacor

Hal tersebut karena burung kenari memiliki suara yang merdu dan termasuk jenis burung yang gemar berkicau. Dua hal inilah yang kemudian membuat burung kenari sangat cocok untuk ikut dalam kontes burung. Jika Anda bisa melatih kenari dengan baik, ia bahkan mampu menirukan beberapa jenis suara burung lain, seperti london, lancashire, norwich, yorkshire, dan fancy.

Daftar Harga Lengkap Burung Kenari Gacor

Jenis Burung KenariHarga per ekor (Kisaran)
Kenari loper anakanRp 120.000
Kenari loper dewasaRp 600.000-Rp 1.500.000
Kenari F1 anakanRp 1.200.000-Rp 3.000.000
Kenari F1 indukanRp 4.000.000
Kenari LokalRp 150.000-Rp250.000
Kenari StarblueRp 600.000
Kenari AF anakanRp 300.000-Rp 400.000
Kenari AF dewasaRp 1.000.000
Kenari Wortel anakanRp 250.000
Kenari Wortel dewasaRp 1.000.000
Kenari Bond/BonRp 750.000
Kenari jantanRp 1.000.000
Kenari betinaRp 250.000-Rp 400.000
Kenari PandaRp 600.000

Harga burung kenari dewasa yang sudah gacor dalam daftar di atas merupakan kisaran harga di pasaran saat ini. Harga ini bisa berbeda tergantung dimana Anda membelinya atau di kota mana Anda tinggal. Harga tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Jenis-jenis Burung Kenari

Harga burung kenari cukup bervariatif tergantung pada jenisnya. Dan setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri, misalnya warna bulu dan suara kicau. Berikut adalah berbagai jenis burung kenari:

  1. Kenari Loper

Nama lain dari burung ini adalah “burung kenari lokal super”, yang merupakan salah satu jenis burung kicau dengan jumlah peminat cukup tinggi hingga saat ini, terutama di kalangan kicau mania (penggemar lomba kicauan). Hal inilah yang kemudian membuat burung kenari loper memiliki harga jual yang cenderung tinggi, tapi tergantung juga pada usia dan kualitas si burung.

  1. Kenari F1

Burung ini merupakan hasil keturunan pertama dari persilangan burung kenari import dan lokal. Dibanding jenis burung kenari lainnya, harga kenari F1 terbilang cukup mahal, karena merupakan keturunan pertama. Namun sekali lagi, harganya berbeda-beda tergantung pada usia burung dan jenis indukannya.

  1. Kenari Lokal

Jenis ini adalah yang paling banyak dicari pecinta burung newbie untuk dijadikan peliharaan di rumah, karena harganya relatif lebih murah dibanding jenis lainnya. Namun, jika burung ini bisa memenangkan lomba, kelasnya akan naik dan harganya akan bertambah.

  1. Kenari AF

Kenari AF adalah burung hasil perkawinan silang dari kenari lokal dengan kenari F1. Tubuh burung ini terbilang lebih kecil jika dibanding indukannya, tapi suara kicaunya cukup keras.

  1. Kenari Merah

Jenis kenari yang satu ini terbilang sangat unik dibanding yang lain, karena bulunya berwarna mencolok, yaitu orange kemerahan. Burung ini kemudian disebut juga dengan burung kenari wortel. Karakteristik dari warna bulu inilah yang menjadikan kenari merah memiliki banyak penggemar, tapi juga cukup langka di pasaran.

Hal tersebut kemudian membuat para oknum banyak memalsukan kenari wortel, dengan cara mengubah warna burung kenari biasa menjadi kemerahan menggunakan pewarna makanan. Salah satu cara termudah untuk mengetahui burung ini palsu atau asli adalah dengan mengoleskan tiner ke bulu burung. Jika warna merahnya luntur, maka warna bulu tersebut bisa dipastikan palsu.

  1. Kenari Panda

Persis seperti namanya, burung ini memiliki daya tarik tersendiri pada corak warna bulunya, yaitu hitam dan putih seperti warna panda.

  1. Kenari Jantan

Ciri khas burung kenari jantan adalah memiliki warna bulu dan kualitas suara yang paling bagus di antara jenis lainnya. Karakter lainnya adalah kenari jantan suka berkicau dalam durasi yang cukup lama.

  1. Kenari Betina

Berbanding terbalik dengan kenari jantan, burung kenari betina memiliki kicau yang lebih pendek. Harganya juga relatif lebih murah dibanding kenari jantan.

  1. Kenari Starblue

Burung kecil ini memiliki bulu berwarna abu-abu gelap di hampir seluruh tubuhnya. Warnanya tidak mencolok tapi terlihat elegan. Jenis ini adalah salah satu yang paling banyak diburu pecinta burung. Namun sayangnya, kenari starblue terbilang cukup langka. Dalam hal suara, burung ini bisa berkicau dengan suara tebal dan nyaring. Ciri khas kicaunya adalah memiliki cengkok yang mengalir dan berulang.

  1. Kenari Bond / Bon

Kenari bond adalah jenis kenari yang warna bulunya memiliki kombinasi dengan warna lain, misalnya orange-hitam, kuning-putih-hitam, hijau-kuning, dsb. Menurut sebagian besar pecinta burung, kenari bon termasuk lebih mudah dirawat, tidak gampang sakit, relatif lebih cepat gacor, dan memiliki kicau yang bervariasi.

Kesimpulan

Sebagai hewan peliharaan dengan suara yang merdu, burung ini memiliki 14 jenis yang bisa kamu lihat pada tabel diatas. Selain memiliki kelebihan pada suara, warna bulu yang cantik dan ukuran tubuhnya yang mungil menjadi alasan kenapa burung kenari banyak dipelihara.

Dari daftar harga burung kenari gacor diatas, manakah yang menjadi pilihan untuk kamu pelihara dirumah? Tentukan pilihanya sekarang.

Baca juga

Membedakan burung kenari jantan dengan betina