Jenis-Jenis Flange Berdasarkan Bentuk dan Kegunaan

Pada flange yang yang berlaku di ANSI, atau American National Standards Institute, jenis-jenis flange dibagi berdasarkan bentuk dan kegunaan. Namun jika bicara soal tipe flange terbagi atas beberapa kategori, ada yang berdasarkan rating, ukuran pipa (NPS), dan bentuk wajah flange.

Jenis-Jenis Flange

Adapun beberapa jenis flange berdasarkan bentuk dan kegunaannya alias ANSI.

Jenis-Jenis Flange Berdasarkan ANSI

  • Flange Slip On dan Lap Joint

Kedua jenis ini hampir mirip, baik flange slip on atau lap joint, mereka sama-sama digunakan dengan cara memasukkan pipa utama ke dalam flange. Hanya ada sedikit perbedaan, khususnya untuk tipe lap joint, ada sisi pipa yang sedikit keluar dari flange dan sisi samping dalam flange biasanya radial.

  • Flange Weldneck

Untuk jenis ini, banyak digunakan oleh para tukang karena penyambungannya mudah. Ciri utama dari jenis flange Weldneck adalah cara penyambungannya menggunakan las.

Untuk menemukan flange ini sangat mudah, Anda dapat mencarinya dengan mengetik jual flange besi di Google. Tiap toko pasti menjual jenis flange satu ini.

  • Flange Threaded

Flange Threaded atau flange ulir adalah flange yang penyambungannya dengan ulir. Biasanya digunakan untuk sistem yang rawan dengan kebakaran. Harga dari flange ulir juga lebih murah dibanding flange yang lain.

  • Flange Soket

Ia hampir mirip dengan flange slip on, hanya saja untuk sisi luarnya terdapat tahanan yang membuat pipa yang masuk ke dalamnya tidak tembus.

Flange soket menggunakan koneksi flange pada salah satu sisi dan soket pada sisi lainnya. Ia menggabungkan kedua elemen pipa menjadi satu kesatuan yang menggunakan mekanisme baut untuk menautkannya.

  • Flange Reducing

Jenis-jenis flange pipa selanjutnya ini memiliki fungsi menggabungkan pipa dengan diameter berbeda. Jadi dengan flange Reducing tersebut, pipa kecil dan besar bisa menyatu dengan rekat.

  • Blind Flange

Flange jenis ini tidak memiliki lubang penghubung, rata, karena fungsinya untuk penutup bukan penghubung. Pipa yang ditutup biasanya memiliki tujuan akan dilakukan maintenance untuk kemudian hari.

Tentukan mana flange yang Anda butuhkan dari jenis-jenis flange di atas untuk kebutuhan Anda. Dengan mengetahui jenis-jenis mereka, Anda bisa lebih mudah saat mencarinya di toko nanti.