Jenis Tanaman Hias Daun Yang Murah dan Mudah Dirawat

Dalam rangka memperindah tampilan rumah, tidak melulu hanya dengan tanaman bunga saja. Alih-alih mempercantik tampilan hunian dengan aneka bunga-bunga berwarna cerah, Kamu justru bisa menggunakan tanaman hias daun. Saat ini ada begitu banyak jenis tanaman hias daun yang bisa menjadi inspirasi untuk hunianmu.

Jenis Tanaman Hias Daun Yang Murah

Gambar Tanaman Hias Daun

Banyak orang menggunakan tanaman hias ini sebagai komponen penghias rumah yang memukau dikarenakan karakteristiknya. Tanaman hias daun tidak hanya cocok untuk menghias wajah rumah saja melainkan juga bagus untuk memperindah tampilan indoor. Berikut adalah beberapa contoh tanaman hiasa daun yang kiranya bisa menjadi inspirasimu. Baca juga Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya.

13 Jenis Tanaman Hias Daun untuk Mempercantik Rumah

  1. Suplir

Kamu bisa coba menanam suplir pada pot-pot cantik demi menghias hunian. Warnanya yang hijau nampak sangat menyegarkan. Di samping itu, tampilan suplir yang minimalis juga sangat sedap dipandang. Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan sangat baik pada lingkungan yang lembab. Untuk itu, Kamu perlu mencermati kadar air pada media tumbuh suplir.

Tanaman hias jenis paku-pakuan ini bisa terus menghijau sepanjang tahun. Ketika baru saja tumbuh, maka pucuk daunnya akan membentuk lingkaran serta berwarna kemerahan. Kian lama daun suplir akan menghijau dan sangat cantik. Kamu tentu tidak akan menyesal menjadikan suplir sebagai salah satu tanaman hias rumahmu.

  1. Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah atau Anthurium crystallinum juga bisa menjadi inspirasi tanaman hias berikutnya yang pas bagi hunianmu. Kuping gajah memiliki bentuk daun seperti hati yang sangat menakjubkan. Tanaman hias daun lebar asli Amerika Selatan ini bisa terus tumbuh dengan sangat lebat selebar 38 sentimeter. Bahkan tinggi kuping gajah bisa mencapai 40 sentimeter.

Saat menanam kuping gajah di pot, jangan lupa untuk memperhatikan tiga fokus utama yakni bahan dasar, luas serta desain pot. Kamu bisa memakai pot yang terbuat dari tanah maupun plastik. Penting juga untuk memastikan bahwa bagian bawah pot terdapat lubang drainase. Pastikan juga untuk menggunakan media tanam tanah yang higenis dan bernutrisi.

  1. Tanduk Rusa

Tampilannya yang cukup unik, tentu membuat tanduk rusa bisa menjadi inspirasi tanaman hias daun untuk memperindah hunianmu. Tanaman yang tergolong ke dalam jenis paku-pakuan eksotis ini mempunyai letak pesona pada juntaian daun yang amat memukau. Tidak heran rasanya jika tanduk rusa sering digunakan untuk memperindah halaman rumah.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama simbar menjangan ini juga kerap digantungkan pada dinding rumah maupun pagar. Jangan lupa pastikan tanduk rusa tumbuh pada lingkungan yang teduh atau tidak dapat langsung terkena sinar matahari.

  1. Puring

Puring merupakan jenis tanaman hias daun merah. Puring terdiri atas berbagai macam jenis di antaranya oscar, red apple, anting raja, logam, arjuna, asmara jingga serta kura. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Codiaeum variegatum juga mempunyai bentuk beragam. Bentuk daun puring bergantung pada varietasnya seperti oval, memanjang, bergelombang hingga berhelai terpisah.

Tanaman ini tidak hanya memiliki tampilan cantik saja melainkan juga mampu menghadirkan kesan sejuk. Selain itu, puring juga sangat mudah untuk dirawat. Untuk menanam puring, Kamu tidak perlu menggunakan metode perawatan intensif.

  1. Sri Rejeki

Tanaman hias ini sangat populer di Indonesia karena mudah dan murah dalam hal perawatan. Kamu bisa coba menjadikan tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema ini sebagai pilihan tanaman hias rumah. Kamu hanya perlu memilih satu dari sekian banyak jenis tanaman hias daun sri rejeki sebagai inspirasi dekorasi rumah yang hidup.

Jika Kamu ingin menanam tanaman hias dengan warna cerah, maka bisa coba menanam sri rejeki berjenis pride of Sumatera atau sri rejeki berjenis lipstick. Akan tetapi, apabila Kamu mau menanam sri rejeki dengan tampilan yang sederhana maka bisa langsung menanam sri rejeki berjenis dud anjamani, lady valentine atau emerald bay.

  1. Spider Plant

Bagi Kamu yang memiliki sedikit luas pekarangan, maka spider plant bisa menjadi opsi yang cukup menggiurkan. Tanaman dengan karakteristik daun kecil ini terbilang murah dan mudah dirawat. Ukurannya yang mini juga sangat menarik sebagai dekorasi hunian. Tanaman asli negara Afrika ini bisa memberikan tampilan unik tersendiri bagi hunianmu.

Tanaman yang juga akrab dengan sebutan lili paris tidak hanya bisa digunakan sebagai tanaman hias saja melainkan juga pembersih udara. Bahkan tanaman ini sangat umum dijumpai didaerah perkotaan yang banyak polusi. Kamu bisa menanam spider plat pada pot gantung di tiap-tiap sudut ruangan rumahmu. Jika diletakkan di dalam hunian, maka tanaman ini bisa membantumu tetap rileks dan tenang.

  1. Sirih Gading

Sirih gading bisa menjadi pertimbanganmu dalam menentukan pilihan contoh tanaman hias daun. Daun sirih gading akan tumbuh merambat dengan sangat cantik dan dianjurkan untuk ditempel di dinding. Kamu juga bisa menjadikan sirih gading sebagai tanaman gantung. Dengan kehadiran sirih gading, tentu akan membuat hunianmu terasa kian segar dan sejuk.

Tanaman tahan banting ini tidak membutuhkan serangkaian perawatan khusus. Ketika berniat menanamnya, Kamu hanya perlu mencampurkan tanah gembur dengan pupuk kandang sebagai media tanam dalam pot. Jika ingin menggunakan pot gantung, ada baiknya untuk memilih pot yang pas. Sesuaikan juga dengan interior rumahmu agar tampilan kian indah.

  1. Wali Songo

Wali songo atau schefflera arboricola termasuk jenis tanaman hias yang daunnya bergerombol. Bentuk daunnya mirip sekali dengan daun singkong. Daun wali songo berbentuk unik menyerupai jari-jari tangan manusia. Dominasi warna daunnya adalah hijau serta sebagian daun lainnya berwarna cokelat cenderung putih.

Selain dapat dijadikan tanaman hias, wali songo juga bisa menyerap polusi udara. Cocok sekali diletakkan di bagian luar maupun dalam ruangan. Tanaman ini juga sangat mudah dirawat sehingga pas sekali dijadikan opsi tanaman hias rumahmu.

  1. Lemon Lime Draceana

Sekilas lemon lime draceana sangat mirip dengan tanaman pandan. Bentuk daun daricont tanaman hias daun outdoor ini menyerupai pedang dengan kombinasi kuning terang, hijau serta putih sehingga membuatnya sangat cantik dan manis. Bayangkan jika Kamu menempatkan lemon lime draceana ini di teras depan rumahmu. Pasti tanaman ini akan banyak menyita perhatian.

Tidak hanya kombinasi warna-warni yang cantik saja, lemon lime draceana juga memiliki daun rimbun layaknya semak. Daun tersebut menjuntai lurus berikut dengan batangnya. Ada baiknya jika Kamu meletakkan tanaman hias ini di  tempat teduh agar kecantikannya terus bertahan.

  1. Aglaonema

Jika Kamu mencari tanaman hias yang murah sekligus mudah dari segi perawatan, maka aglaonema bisa menjadi inspirasi yang patut dipertimbangkan. Hal ini mengingat bahwa aglaonema sangat gampang beradaptasi di lingkungan apapun. Bentuk daun yang beraneka ragam dan penuh dengan warna-warna cantik tentu bisa menjadi pilihan menarik untuk memperindah hunianmu.

Adapun kombinasi warna  dari aglonema di antaranya hijau – merah serta kuning – merah jambu yang amat feminin. Dengan menempatkan aglonema pada indoor maupun outdoor hunian, maka bisa menciptakan kesan elegan tersendiri.

  1. Philodendrom

Tanaman hias philodendrom mempunyai bentuk daun yang begitu cantik. Kecantikannya tentu bisa menciptakan keindahan tersendiri bagi hunianmu. Kamu bisa meletakkan pot philodendrom di atas meja, teras rumah maupun samping jendela. Di antara sekian banyak variasi philodendrom, maka Kamu bisa coba menanam philodendrom berdaun hijau dan kuning.

Perawatan tanaman hias daun indoor ini terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu memastikan bahwa tanaman ini ada dalam lingkungan yang teduh dan lembab. Selebihnya, philodendrom dapat dengan mudahnya tumbuh dan terus hidup. Sayang sekali untuk mengabaikan kecantikan philodendrom sebagai salah satu jenis tanaman hias dalam hunianmu.

  1. Kastuba

Tanaman hias ini lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia dengan nama tanaman racunan. Meskipun namanya terdengar cukup menyeramkan, nyatanya bentuk tanaman ini sangat cantik. Daya tarik tanaman ini ada pada bunga melainkan daunnya. Saat kastuba tumbuh subur, maka tanaman ini akan mengeluarkan warna merah menyala.

Kamu bisa menanam kastuba dengan media tanah dalam pot kecil sebagai dekorasi indoor rumah. Dijamin, interior hunianmu akan semakin indah jika menempatkan kastuba.

  1. Pucuk Merah

Sama seperti kastuba dan sri rejeki, jenis tanaman hias daun pucuk merah memiliki karakteristik daun berwarna merah menyala yang sangat menakjubkan. Bedanya pada tanaman ini, warna merah hanya terdapat pada bagian pucuk daun saja. Agar tanaman hias ini nampak selalu rapih, maka Kamu perlu rutin memangkas batang serta dedaunannya. Hal ini karena pucuk merah lebih cepat tumbuh.

Tanaman ini sangat mudah dijumpai pada taman-taman kota.baisanya pemilihan tanaman hias ini tidak lain karena kecantikan tersendiri dari pucuk merah. Baca juga Tanaman Hias Outdoor Yang Harganya Murah.

Macam-macam tanaman hias daun tersebut kiranya bisa menjadi salah satu inspirasi bagimu. Pilihlah tanaman hias yang sesuai dengan keinginan dan nuansa hunianmu. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan agar tanaman tersebut dapat terus tumbuh dengan sangat baik. Berikan juga pupuk sesekali agar tanaman hiasmu dapat senantiasa sehat.