Jenis Tanaman Hias Outdoor Murah dan Tahan Panas

Tanaman hias tentu bisa menjadikan nuansa hunian kian asri. Salah satunya adalah tanaman hias outdoor. Sangat dianjurkan bagi Kamu untuk memajang dekorasi hidup semacam ini demi memperindah tampilan hunian. Di samping itu, tanaman seperti ini juga  mempunyai manfaat terutama dalam hal kesehatan. Saat ini Kamu dapat dengan mudahnya menjumpai jenis tanaman hias outdoor.

Jenis Tanaman Hias Outdoor

Gambar Tanaman Hias Outdoor

Kamu perlu menentukan pilihan jenis tanaman untuk taman depan rumah sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa memilih mulai dari tanaman hias serba daun, gantung, bonsai hingga serba bunga. Bagi yang ingin menampilkan nuansa lebih semarak, maka bisa coba menanam tanaman serba bunga. Sementara itu, jika Kamu ingin menghadirkan nuansa lebih sejuk tentu bisa menanam tanaman serba daun. Baca juga cara menanam jahe emprit di karung.

14 Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

  1. Palem

Palem merupakan rekomendasi pohon untuk taman depan rumah paling bagus. Tentu Kamu tidak merasa asing lagi dengan pohon palem. Pohon yang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia ini termasuk ke dalam kategori tanaman mandiri. Palem mampu memperoleh asupan zat mineral dari dalam tanah sehingga menjadikan Kamu tak perlu terus-menerus menyiraminya.

Karena kemudahan hidupnya, maka pohon palem gampang ditemukan di area umum sebagai penghias. Misalnya, di taman kota, halaman sekolah, fasilitas umum hingga pinggir jalan sekalipun. Jika tetarik, Kamu juga bisa menjadikan pohon palem sebagai penghias halaman rumahmu.

  1. Adenium

Jika Kamu ingin coba menanam jenis tanaman hias yang tak hanya indah saja, maka bisa coba menanam adenium. Tanaman ini memiliki ciri khas unik yakni pada bagian batang berbonggol besar. Tanaman hias daun outdoor asli padang pasir Afrika Selatan serta Timur Tengah ini juga cukup mudah untuk dilakukan perawatan. Cukup dengan menanamnya di pot dangkal saja, adenium sudah dapat hidup dengan baik.

Jangan lupa berikan tanah dengan kadar porositas tinggi mengingat habitat aslinya di daerah gurun pasir. Sayangnya, tanaman ini tidak direkomendasikan bagi Kamu yang tinggal di daerah lembab. Lingkungan yang lembab tentu bisa menyebabkan imunitas adenium melemah dan gampang terserang penyakit.

  1. Bunga Kertas

Siapa tidak mengenal kecantikan tanaman hias bunga satu ini. Bunga kertas adalah solusi jitu bagi Kamu yang ingin memperindah taman depan rumahmu secara praktis. Hal ini benar saja karena bunga kertas tidak memerlukan perawatan khusus tertentu agar tetap dapat tumbuh dengan baik. Kamu tidak membutuhkan banyak air maupun sinar matahari untuk bunga penuh pesona ini.

Bunga kertas bisa tumbuh dengan baik di media apapun. Poin keindahan dari bunga kertas adalah ketika ia terus tumbuh dengan sangat lebat. Saking lebatnya bahkan Kamu tidak bisa lagi melihat daun bunga ini.

  1. Cemara Norfolk

Ada begitu banyak jenis pohon cemara. Akan tetapi, salah satu jenis pohon cemara yang paling menarik untuk mempercantik halaman rumah ialah cemara norfolk. Tidak hanya itu saja, cemara norfolk juga bisa terus tumbuh hingga mencapai ketinggian 6 meter. Pencapaian ketinggian cemara norfolk tentu bisa membuat halaman rumahmu kian teduh.

Bagi Kamu yang tinggal di lingkungan perumahan, bisa coba untuk membat mini taman dengan menempatkan sebuah cemara norfolk. Tempatkan di salah satu sisi halaman rumah agar membuat halaman rumahmu semakin cantik.

  1. Bunga Pentas

Jika Kamu ingin terus menikmati keindahan halaman rumah dengan bunga cantik, maka bisa coba untuk menanam bunga pentas. Bunga pentas termasuk jenis tanaman hias luar ruangan yang amat sering berbunga dibandingkan tanaman bunga lainnya. Tanaman ini bisa berbunga hingga 4 empat kali selama satu tahun.

Ciri khas utama dari bunga pentas ialah warna bunga merah yang amat memanjakan mata. Dengan demikian, bunga pentas sangat pas dijadikan aksen utama mini taman di halaman rumah Kamu. Dijamin rumahmu akan terasa kian mempesona.

  1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu dikenal sebagai tanaman bunga hias tahan panas. Selain itu, tanaman bunga ini juga mudah sekali dalam segi perawatan. Tanaman varian semak yang berasal dari Asia Timur ini juga bisa dengan mudahnya ditanam di wilayah tropis seperti Indonesia. Salah satu varian warna kembang sepatu yang paling cantik ialah merah.

Karakteristik umum kembang sepatu memiliki kelopak yang cukup besar serta tidak mempunyai bau. Jika menjadikan kembang sepatu sebagai tanaman hias halaman rumah, maka Kamu juga harus rutin untuk melakukan pemangkasan batang. Hal ini karena kembang sepatu mudah sekali untuk terus tumbuh.

  1. Tapak Dara

Jika masih merasa asing dengan istilah bunga tapak dara, mungkin Kamu lebih familiar dengan nama geranium. Tanaman hias bunga untuk taman ini seringkali dijadikan sebagai dekorasi rumah karena mudah dalam segi perawatan. Tapak dara mempunyai kemampuan adaptasi yang sangat baik dalam segala cuaca, terutama panas.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja, tapak dara juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan wewangian rumah. Menariknya lagi, bunga ini juga mampu menangkal rumah dari serangan nyamuk.

  1. Mandevilla Sanderi

Mandevilla sanderi bisa menjadi alternatif penghias sudut taman rumahmu yang amat cantik. Terlebih lagi mengingat bagian sudut taman yang gampang terlupakan begitu saja. Tanamlah beberapa mandevilla sanderi agar memberikan kesan sudut taman yang senantiasa sejuk dan teduh. Di samping itu, tanaman hias bunga ini juga relatif mudah dirawat.

Bagi Kamu yang merupakan seorang pemula, maka bisa langsung menjajal mandevilla sanderi sebagai tanaman bunga hias untuk taman rumah. Jadi, tidak hanya kian menampilkan nuansa asri saja melainkan juga tidak akan merepotkan Kamu dari sisi perawatan.

  1. Daun Encok

Daun encok adalah tanaman khas Afrika yang juga bisa tumbuh dengan baik di wilayah tropis. Tanaman hias untuk taman minimalis ini termasuk ke dalam kategori semak-semak yang sudah amat tersohor di seluruh pelosok Indonesia dengan berbagai macam nama. Tidak hanya sekadar bagus untuk memperindah halaman rumah, daun encok juga baik untuk kesehatan.

Sesuai dengan namanya yakni daun encok, tanaman ini dikenal mujarab untuk meredakan penyakit encok. Penasaran? Kamu bisa coba menanamnya segera!

  1. Beringin

Beringin sangat mudah tumbuh dengan sangat baik di wilayah tropis seperti Indonesia. Untuk itu, Kamu bisa coba menjadikan beringin sebagai jenis tanaman hias outdoor dengan versi mini. Sangat mudah untuk melakukan perawatan terhadap beringin. Tempatkan saja beringin di sebuah pot semen berukuran mungil di halaman rumah.

Saat Kamu coba menanam beringin, maka tidak hanya keindahan saja yang bisa diperoleh. Hunianmu juga kian terasa teduh dan sejuk dengan adanya pohon beringin.

  1. Lidah Mertua

Tidak hanya cocok dijadikan penghiasa indoor rumah, lidah mertua juga termasuk ke dalam kategori jenis tanaman hias outdoor yang sangat populer. Lidah mertua sangat gampang diurus serta tahan terhadap segala kondisi cuaca. Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik mulai dari suhu 4 derajat sampai 37 derajat celcius.

Tidak hanya mampu membuat halaman rumahmu kian nampak asri, lidah mertua juga sangat bagus untuk kesehatan. Lidah mertua mampu menyerap berbagai macam bahan beracun seperti bencene, formaldehyde, trichloroethylene dan karbondioksida. Tidak hanya bisa mengurangi polusi, lidah mertua juga dikenal mampu memberikan perlindungan bagi lingkungan sekitarnya.

  1. Lili Paris

Bicara soal tanaman hias populer di Indonesia, maka lili paris tidak boleh dilewatkan begitu saja. Lili paris juga termasuk ke dalam kategori tanaman hias gantung outdoor yang sangat cantik. Hal ini tidak lain karena lili paris bisa mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Di samping itu, tanaman hias gantung ini juga tahan dalam segala cuaca baik dingin maupun panas.

Kamu bisa coba menggantungnya di halaman rumah sebagai dekorasi luar biasa outoor rumah. Tanaman bernama latin Chlorophytum comosum ini juga diklaim bisa mengurangi tingkat polusi udara. Jadi, selain mampu mempercantik halaman rumahmu lili paris ternyata juga sangat bagus untuk persoalan kesehatan.

  1. Bunga Kamboja

Walaupun identik dengan unsur magis, nyatanya bunga kamboja tetap menarik untuk dijadikan sebagai slaah satu tanaman hias untuk taman. Banyak orang menjadikan bunga kamboja untuk mempercantik tampilan luar depan rumah karena keunikan bentuk bunga yang ditampilkan. Bunga ini memilki karakteristik warna putih dengan aksen berwarna kuning pada bagian tengah yang amat memukau.

Jika Kamu membiarkan tanaman ini terus tumbuh menjulang, maka tidak hanya keindahannya saja yang bisa diperoleh. Kamu juga bisa menjadikan tampilan depan rumah menjadi kian teduh dan sejuk. Tertarik? Langsung saja coba menanam bunga kamboja di sudut depan rumahmu.

  1. Kaktus

Membicarakan tanaman hias yang mudah dirawat, maka kaktus pasti menempati salah satu rekomendasi yang pas. Kaktus mempunyai habitat asli yang tahan terhadap panas. Dengan demikian, Kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan perawatan terhadap tanaman ini. Bagi Kamu yang ingin menghias halaman rumah dengan kaktus, maka bisa coba memilih sejumlah kaktus berukuran mini.

Kaktus pas sekali bagi Kamu yang tidak banyak memiliki waktu untuk merawat taman. Cukup dengan menyiramnya dua kali dalam sebulan saja, kaktus sudah bisa tumbuh dengan sangat baik dan cantik. Jika Kamu tertarik, maka bisa langsung mencobanya saat ini juga. Baca juga cara merawat tanaman jahe agar subur.

Macam-macam tanaman hias outdoor tersebut kiranya bisa menjadi referensi bagi Kamu. Pilih saja sesuai dengan pertimbangan luas wilayah halaman rumah serta keinginanmu. Jadikan halaman rumahmu kian menarik dengan pilihan tanaman hias tersebut.