Kesalahan Saat Memberikan Susu Formula Untuk Bayi

Kesalahan Saat Memberikan Susu Formula – Ada banyak faktor penting yang harus diperhatikan saat memberikan susu formula maupun ASI pada bayi, diantaranya jumlah susu yang anda berikan, rentang waktu pemberian bahkan kebersihan botol termasuk faktor penting yang harus diperhatikan.

Kesalahan Saat Memberikan Susu Formula

Namun sayangnya masih banyak ibu muda yang melakukan kesalahan saat memberikan susu formula maupun ASI pada bayi. Padahal kesalahan yang dilakukan berdampak buruk pada bayi anda, oleh karenanya, hindarilah beberapa kesalahan di bawah ini.

Sembarangan Memilih Merek
Sebelum membeli susu formula, sebaiknya anda kenali dulu “peringkat susu formula terbaik” agar anda tidak salah dalam membelinya. Jangan lupa perhatikan juga kandungan yang didalamnya, sebab ada beberapa kandungan susu formula yang kurang cocok untuk bayi usia tertentu.

Setiap Menangis Diberikan Susu Formula
Tidak selamanya tangisan bayi menandakan dia minta diberikan susu. Terkadang bayi menangis karena ingin di manja, risih dengan popok yang digunakan karena sudah penuh, bayi buang air besar dan lainya. Jika sebelumnya sudah diberikan susu dan tiba-tiba bayi menangis, periksalah popok bayi yang mungkin saja membuatnya kurang nyaman.

Susu Formula Terlalu Encer
Susu formula di buat encer biasanya karena alasan untuk menghemat susu sekaligus menghemat pengeluaran untuk membeli susu. Hal ini kurang tepat karena sudah ada takaranya untuk berapa mililiter air diperkukan berapa sendok takar susu. Jika dalam membuatnya melebihi dari takaran yang sudah ditentukan, jumlah nutrisi yang diserap bayi kurang.

Mencuci Botol Sembarangan
Botol bayi, dot dan perlengkapanya untuk menyusu harus di sterilkan terlebih dulu kemudian barulah dibersihkan dengan sabun yang khusus untuk mencuci botol bayi. Jangan sembarangan dalam membersihkan botol bayi karena berdampak pada kesehatanya.

Menghangatkan Susu Formula Dengan Microwave
Kegunaan Microwave memang sebagai penghangat makanan dalam kurun waktu yang singkat. Namun microwave juga dikenal pembunuh vitamin serta mineral penting yang terkandung didalam makanan. Menghangatkan susu menggunakan microwave bukanlah pilihan yang tepat. Jika ingin membuat susu formula hangat sebaiknya campurkan air putih hangat dan air putih biasa saat membuatnya. Hal ini lebih aman ketimbang menggunakan microwave.