MailChimp Newsletter Canggih Masa Kini

MailChimp Newsletter Canggih Masa Kini – E-mail penawaran/ iklan tersebut dikirim oleh toko online melalui sistem newsletter untuk mempromosikan produk pada konsumen. Cara ini bisa dibilang efektif. Bisa jadi ribuan e-mail dikirimkan oleh sistem, namun masing-masing konsumen menerimanya secara pribadi.

Newsletter bukanlah spam yang mengirim secara membabi-buta dan tanpa diinginkan, newsletter hanya mengirimkan e-mail pada daftar subscriber, yaitu orang-orang yang memang mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-mail dari newsletter.

Istilah Opt-in dan Opt-out

Opt-in adalah istilah yang digunakan saat user diberikan pilihan untuk menerima e-mail iklan, biasanya digunakan untuk mailing list atau newsletter. Contohnya pada sebuah form pendaftaran pada Gambar 1. Jika Anda memilih Yes, maka Anda akan dicatat sebagai subscriber. Sebaliknya jika Anda memilih No, maka Anda tidak dicatat sebagai subscriber dan tidak akan mendapatkan e-mail iklan dari newsletter. Contoh lain untuk mendaftar newsletter adalah dengan memasukkan alamat e-mail seperti pada Gambar 2. Ada kelemahan pada cara subscribe newsletter pada Gambar 2. Cara ini lebih memungkinkan orang untuk memasukkan sembarang e-mail. Hal ini berisiko merugikan pihak lain yang e-mailnya didaftarkan sebagai subscriber tanpa sepengetahuannya. Sistem newsletter yang baik dapat menangani hal ini dengan menyediakan fitur double opt-in, yaitu dengan mengirim e-mail konfirmasi apakah ingin menjadi subscriber. Ini disebut dengan double opt-in atau confirmed opt-in. Bagaimanapun, mungkin Anda pernah mendapatkan e-mail iklan tanpa Anda merasa pernah mendaftar.

Hal ini bisa terjadi jika website di mana Anda melakukan pendaftaran tidak menyediakan opt-in ataupun double opt-in, melainkan otomatis memasukkan e-mail Anda ke dalam daftar subscriber newsletter saat Anda mendaftar. Pada beberapa negara, memasukkan e-mail seseorang tanpa opt-in dianggap tidak sah. Namun umumnya Anda dapat melakukan unsubscribe atau opt-out (kebalikan opt-in). Untuk melakukan opt-out pada e-mail iklan, cari link untuk unsubscribe atau berhenti berlangganan di e-mail iklan tersebut, umumnya terletak pada bagian bawah. Contohnya seperti pada Gambar 3.

Email Canggih Dari Mailchimp

Sejak dulu penawaran melalui e-mail sangat banyak digunakan. Praktik mengumpulkan e-mail pada sebuah daftar target dan mengirimkan mereka satu-persatu e-mail penawaran sudah biasa terjadi.Membuat program pengirim e-mail pun bukanlah hal yang sukar. Namun tanpa ada opt-in dan opt-out, e-mail tersebut dapat dikategorikan spam dan dapat dianggap penyalahgunaan layanan SMTP provider yang Anda gunakan. Dengan adanya berbagai kompleksitas tersebut, membuat sebuah sistem newsletter yang komplit bukan lagi hal sederhana. Jika Anda tidak ingin repot membuat sistem newsletter sendiri, Anda dapat menggunakan layanan yang sudah ada. MailChimp (www.mailchimp.com) adalah salah satu alternatifnya. Secara garis besar MailChimp adalah penyedia layanan e-mail yang mengirimkan e-mail dalam jumlah besar pada konsumen. Menariknya, Anda dapat menggunakan layanan ini secara gratis. Akun gratis dibatasi dengan maksimal pengiriman sebanyak 12.000/bulan dan maksimal total subscriber sebanyak 2.000. Jika Anda memerlukan lebih banyak pengiriman dan memiliki subscriber lebih dari 2.000, Anda dapat mempertimbangkan layanan berbayar yang ditawarkan di website resmi MailChimp.

Digunakan Perusahaan Besar

Begitu hebatnya teknologi pengiriman email yang dikeluarkan oleh MailChimp, membuat perusahaan besar luar negri ataupun dalam negri tertarik menggunakan layananya. Sebut saja idn poker Indonesia, mereka menggunakan MailChimp untuk memberikan informasi terbaru melalui email kepada member setianya. Email yang dikirimkan melalui MailChimp tidak masuk dalam kotak spam sehingga kemungkinan besar informasi yang dikirim dibaca oleh penerimanya.