Makanan Burung Kenari

Ada banyak pilihan makanan burung kenari biar gacor keras dan ngerol panjang. Sebagai salah satu burung yang paling mudah dipelihara, makanan kenari termasuk mudah didapat dan murah. Banyak dokter hewan merekomendasikan pakan yang terdiri dari 80% pelet. Hal ini karena para dokter beranggapan bahwa pemilik burung tidak telaten memberikan variasi makanan yang mencakup makanan segar.

makanan burung kenari biar gacor

Namun, mengingat bahwa kualitas dari pelet burung yang tersedia di pasaran saat ini sebagian besar mengandung bahan kimia dan aditif berbahaya, makanan segar dari buah dan sayur adalah yang paling dibutuhkan oleh burung. Terutama jika ingin burung cepat gacor.

9 Makanan Terbaik Burung Kenari

Untuk kesehatan yang baik, burung kenari membutuhkan makanan yang seimbang dan bervariasi, yang harus mencakup makanan kering yang berkualitas / biji-bijian dan berbagai sayuran hijau serta buah. Berikut daftarnya:

  1. Biji Rami dan Niger

Selama musim ganti kulit atau bulu, kenari Anda membutuhkan lebih banyak lemak dalam makanannya, seperti biji rami dan niger. Biji rami sering disebut sebagai biji super, karena mengandung asam amino yang lengkap, memiliki keseimbangan ideal asam lemak omega 3 dan 6, dan memberikan sejumlah mineral yang baik untuk tubuh. Efeknya adalah burung lebih sehat dan akan lebih sering gacor.

  1. Telur Rangrang

Pakan burung yang satu ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yang bermanfaat dalam memaksimalkan pertumbuhan burung, meningkatkan stamina burung, serta dapat memperbaiki pita suara si burung agar hasil gacoran lebih mantap. Tidak perlu memberikannya setiap hari, cukup dua kali per minggu.

Anda bisa mendapatkan telur rangrang dengan mencarinya langsung di alam, yaitu di atas pohon-pohon besar. Jika tidak ingin repot, Anda juga bisa langsung membelinya di beberapa tempat khusus budidaya semut rangrang.

  1. Telur Puyuh

Telur puyuh adalah makanan burung paling terkenal dan mudah dicari. Telur puyuh mengandung protein dan kalori yang dapat membantu menjaga stamina tubuh si burung, sehingga burung dapat melakukan aktivitas berat.

Jika burung kenari Anda akan segera ikut kontes dan membutuhkan latihan intensif, berikan satu butir telur puyuh rebus yang sudah dipotong kecil-kecil dua kali sehari, saat pagi dan sore hari. Bisa juga dengan menumbuk telur agar burung kenari lebih mudah memakannya.

  1. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong banyak dipilih oleh para kicau mania karena terdapat kandungan protein sebesar 48% yang dapat menambah asupan nutrisi untuk burung. Namun, ulat harus diberikan dengan takaran yang pas, agar tidak membuat burung terlalu gemuk dan malah kurang lincah. Untuk menyajikannya, ulat harus dalam keadaan mati, kemudian celupkan ke dalam air hangat agar zat kimia pada ulat bisa luntur.

  1. Daun Mengkudu Muda

Daun mengkudu telah dikenal sejak lama memiliki berbagai macam khasiat, termasuk untuk burung. Daun hijau ini memiliki kandungan senyawa yang diklaim dapat mengatasi serak tenggorokan, sehingga suara kicauan burung bisa lebih lantang dan jernih.

Untuk memberikannya kepada burung, cuci bersih terlebih dahulu daun mengkudu, agar semua kotoran yang menempel hilang, kemudian gantung saja di dalam kandang. Ingat, pilihlah daun mengkudu yang muda, yaitu yang bertekstur lebih halus, agar burung lebih mudah mencernanya.

  1. Buah Apel

Tidak hanya Anda, burung kenari juga suka makan buah apel lho. Apel berkulit merah adalah salah satu favoritnya. Anda harus mengupas apel terlebih dahulu, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Selain lezat dan sehat, buah apel juga dapat membuat tenggorokan kenari terasa segar. Jika apel di dalam kandang sudah layu, segera singkirkan dan ganti dengan yang baru.

  1. Buah Pace

Pilihan buah lainnya yang disebut-sebut ampuh untuk membuat kenari cepat gacor adalah pace tua. Parut buah pace sampai halus, campur dengan sedikit air hangat, saring dan ambil airnya, lalu berikan kepada burung kenari. Kabarnya, burung kenari bisa langsung gacor setelah tiga hari.

  1. Sayuran Segar

Selain buah-buahan, burung kenari juga menikmati aneka sayuran segar sebagai pakan tambahan. Sayuran memiliki banyak vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan si kenari, sehingga ia cepat gacor. Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda berikan adalah kubis, selada, brokoli, sawi, gambas, mentimun, wortel, dan oyong.

Untuk penyajiannya, Anda bisa memberikan langsung atau rebus hingga teksturnya lumayan lunak. Namun jangan merebus terlalu lama, agar kandungan vitaminnya tidak hilang. Sajikan dalam bentuk lembaran atau potongan kecil. Sama seperti penyajian buah, sayuran yang layu atau sudah busuk harus segera dikeluarkan dari kandang.

  1. Biji Hitam

Rekomendasi pakan terakhir yang bisa Anda berikan untuk kenari agar pintar gacor adalah biji hitam dan fumayin. Anda bisa memberikannya sebagai makanan selingan, misal satu kali sehari atau dua hari satu kali. Pastikan untuk memberikannya dalam porsi yang sedikit, karena memberikannya terlalu banyak dapat meningkatkan suhu tubuh si kenari.

Kesimpulan

Makanan burung kenari biar gacor yang diambil dari alam seperti pada daftar di atas biasanya tidak memiliki efek samping, sehingga aman untuk diberikan dalam jangka panjang. Asalkan dengan porsi dan jadwal yang tepat. Jika kenari diberi pakan sehat, kebutuhan gizinya akan terpenuhi dan dengan senang hati ia akan berkicau.

Baca juga

Cara memandikan burung kenari