Tanaman Obat Keluarga Paling Dicari

Tiap-tiap hunian akan nampak semakin asri saat ditanami sejumlah tumbuhan. Tumbuhan tersebut bisa ditanam baik di halaman depan maupun dalam ruangan. Tahukah Kamu bahwa dari sekian banyak tumbuhan yang ditanam, terdapat beberapa yang termasuk ke dalam kategori tanaman obat keluarga. Tanaman ini nantinya sangat berfaedah untuk obat alami.

Tanaman Obat Keluarga

Gambar Tanaman Obat Keluarga

Tanaman herbal tersebut terdiri atas berbagai macam jenis. Mulai dari tumbuhan berupa daun-daunan, bunga-bungaan serta tumbuhan lain yang memiliki begitu banyak kandungan zat aktif guna meredakan maupun menyembuhkan sejumlah penyakit.

16 Tanaman Obat Herbal untuk Keluarga dan Manfaatnya

  1. Jeruk Nipis

Tidak jarang yang menanam jeruk nipis di halaman rumah. Bukan semata-mata hanya untuk membuat teduh suasana, tanaman jeruk nipis juga kaya akan manfaat yang bagus untuk kesehatan. Saat tanaman tersebut telah berbuah dan dipanen, maka buah tersebut bisa dikonsumsi sebagai pereda sejumlah penyakit tertentu.

Misalnya, vertigo, batu ginjal, radang tenggorokan, batuk, tekanan darah tinggi, ambeien, amandel, paru-paru dan difteri. Biasanya racikan herbal sederhana dari jeruk nipis inilah yang bisa meredakan gejala penyakit tersebut. Baca juga tanaman hias outdoor yang tahan panas.

  1. Belimbing Wulung

Belimbing wulung merupakan jenis tanaman keluarga yang buahnya identik dengan cita rasa asam sekaligus segar. Buah belimbing wulung begitu kaya akan kandungan air serta vitamin C. Buah ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat jus maupun rujak saja melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk urusan kesehatan.

Kandungan asam osalat dalam belimbing wulung sangat bagus untuk meredakan gangguan ginjal. Tertarik untuk mencobanya?

  1. Mengkudu

Walaupun tidak banyak orang yang gemar menyantap mengkudu, akan tetapi buah ini memiliki segudang manfaat yang bagus bagi kesehatan. Ada begitu banyak daftar penyakit yang bisa diobati dengan buah herbal dengan nama pace ini. Misalnya, pilek, diabetes, sakit kepala, kolesterol, reumatik, tekanan darah tinggi, peradangan, alergi, kanker hingga HIV.

Selain itu, mengkudu juga bisa dijadikan sebagai pelembab wajah hingga menyamarkan penuaan. Bagi Kamu yang telah melakukan operasi maka bisa mengonsumsi jus mengkudu guna mengurangi mual pasca operasi tersebut.

  1. Srikaya

Tidak hanya memiliki cita rasa manis yang menyegarkan, srikaya juga bisa mengobati sejumlah gejala penyakit yang ada pada tubuh. Misalnya, cacingan pada usus, menurunkan hipertensi, melancarkan pencernaan, sebagai kekuatan tulang, mempercepat proses kesembuhan pada bisul, perkembangan janin hingga mengurangi mual bagi ibu hamil.

Untuk itu, Kamu bisa coba menanam srikaya di pekarangan rumah. Selain bisa dijadikan sebagai minuman segar, srikaya juga bagus untuk kesehatan.

  1. Kencur

Kencur kerap kali diubah menjadi jamu herbal yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya tukang jamu keliling akan menyajikan kencur dengan campuran air beras sehingga dikenal yang namanya beras kencur. Rasa jamu beras kencur yang nikmat juga sangat bagus untuk menghangatkan tubuh. Terutama jika Kamu tidak terlalu menyukai jahe.

Tidak hanya itu saja, kencur juga mampu memberikan manfaat baik lainnya bagi kesehatan tubuh. Kencur bisa dijadikan pereda nyeri kepala, flu, batuk, masuk angin, sakit perut, diare, keseleo, membersihkan darah kotor hingga mencegah munculnya batu ginjal.

  1. Kunyit

Siapa tidak mengenal kunyit? Kunyit termasuk ke dalam kategori tanaman obat keluarga yang sangat populer karena kaya manfaat. Tanaman yang kerap dijadikan sebagai pewarna alami nasi kuning ini ternyata juga mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Contohnya, penghilang bau badan, pembunuh virus, menurunkan gejala hipertensi hingga meredakan gatal-gatal.

Kunyit juga mujarab untuk mengembalikan siklus haid pada wanita. Tidak heran jika jamu kunyit asam begitu populer di kalangan wanita. Bahkan kunyit juga ampuh untuk meredakan asam lambung. Kamu bisa langsung mengupas kunyit dan mengambil ekstraknya. Campurkan dengan sedikit madu atau garam dan langsung diminum selagi hangat.

  1. Kayu Manis

Kayu manis juga merupakan tanaman obat yang bisa Kamu kembangkan di pekarangan rumah. Jika Kamu menanam kayu manis di pekarangan rumah, maka bukan hanya sekadar manfaat dapur saja yang bisa diperoleh. Kamu juga bisa memetik manfaat kesehatan yang bagus dari kayu manis. Kamu bisa mencampurkan kayu manis dengan madu menjadi sebuah minuman herbal.

Kandungan zat anti infeksi, anti inflamasi, anti mirkoba, polifenol, antioksidan, kalsium, zat besi hingga mangan dari kayu manis mampu membawa segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya, untuk meredakan penyakit jantung, mencegah penyakit kanker, mengurangi radang sendi, meringankan gejala kembung pada perut, meredakan reumatik serta mengobati infeksi pada saluran pencernaan.

  1. Jintan Hitam

Apakah Kamu pernah mendengar tentang istilah habatussauda? Ya, tanaman obat yang sudah digunakan sejak zaman Nabi Muhammad SAW ini dikenal dengan nama jintan hitam oleh masyarakat Indonesia. Jintan hitam diketahui ampuh untuk dijadikan sebagai pereda nyeri karena memiliki kandungan zat analgesik. Kamu harus tau, jinten merupakan tanaman obat keluarga yang bisa digunakan sebagai antiseptik.

Manfaat lainnya dari jintan hitam di antaranya sebagai anti bakteri, maag, radang, darah tinggi, virus, bakteri, jamur, menangkal gangguan kekebalan tubuh, pereda diabetes, kanker usus besar, anomali saluran pencernaan hingga asma.

  1. Kapulaga

Selain kerap dimanfaatkan sebagai rempah bumbu dapur, ternyata kapulaga juga merupakan jenis tanaman toga (tanaman obat keluarga). Bagian buah, batang maupun akar kapulaga seluruhnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan keluarga. Bahkan digadang-gadang bahwa kapulaga mempu memberikan manfaat diuretik yakni melancarkan keluarnya urin.

Di samping itu, kapulaga juga memiliki manfaat kesehatan yang lain. Manfaat tanaman toga ini di antaranya untuk meredakan hipertensi, sembelit serta gangguan pencernaan lainnya.

  1. Jahe

Tanaman obat keluarga yang berfungsi menghangatkan badan ialah Jahe. Di musim penghujan, jahe selalu jadi tanaman obat populer di Indonesia. Jahe sangat manjur dijadikan penghangat tubuh kala udara dingin. Kamu bisa menyeduh jahe dengan air panas saja maupun dicampur dengan susu. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis tanaman jahe yang masing-masing memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat tanaman obat jahe secara umum di antaranya guna meringankan nyeri perut saat menstruasi, meredakan sakit perut, diare hingga muntah-muntah, meredakan nyeri dada dan otot serta mengobati masalah infeksi pada saluran pernapasan atas. Bahkan jenis jahe merah sangat ampuh untuk mengatasi ejakulasi dini bagi kaum pria.

  1. Temulawak

Saudara akrab dari kunyit dan jahe ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Contoh tanaman obat ini kerap kali digunakan sebagai solusi manjur penambah nafsu makan bagi anak. Tanaman yang memiliki nama lain curcuma ini juga diketahui tidak hanya bagus sebagai penambah nafsu makan saja melainkan juga memiliki segudang manfaat lain.

Tidak heran rasanya jika temulawak menjadi primadona dalam deretan tanaman obat khusus keluarga. Manfaat temulawak di antaranya sebagai solusi meredakan pegal-pegal, pereda sakit perut, membantu pencegahan terhadap penggumpalan, anti radang hingga obat penyakit kuning.

  1. Lengkuas

Lengkuas juga termasuk ke dalam kategori tanaman obat tradisional. Tanaman yang juga akrab disebut laos ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu memasak saja melainkan juga manjur untuk mengatasi sejumlah persoalan kesehatan. Contohnya, menurunkan demam, menurunkan kadar kolesterol, mencegah tumor dan kanker, meredakan sakit perut hingga menaikkan kadar sperma.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan jenis tanaman obat paling umum bagi keluarga. Kumis kucing mempunyai bentuk bunga berwarna putih memanjang layaknya kumis seekor kucing. Tanaman ini mampu hidup dengan sangat baik di wilayah tropis seperti Indonesia. Bahkan Kamu bisa dengan mudahnya menanam kumis kucing di pekarangan rumah.

Tanaman ini dikenal memiliki beragam kandungan zat aktif yang bagus untuk kesehatan. Misalnya, lipophilic, flavonoid, rosmorinic acid hingga sinensetin. Karena itulah kumis kucing mampu meredakan sejumlah penyakit seperti gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, penyakit gula sampai asam urat.

  1. Kemuning

Keindahan kemuning tentu bisa menjadi hiasan halaman depan rumahmu. Namun, tidak hanya keindahannya saja yang bisa dimanfaatkan melainkan juga kandungan minyak astiri di dalamnya. Kemuning diketahui mempunyai kandungan sebanyak 60 senyawa minyak astiri. Di samping itu, juga terdapat beberapa kandungan lain seperti kumarin, saponin, glikosida jantung hingga flavonoid.

Kandungan baik tersebut diyakini mujarab untuk menurunkan jumlah glukosa dalam darah. Dengan demikian, Anda bisa coba menanam tanaman obat-obatan ini.

  1. Bunga Kenop

Bungae Kenop adalah jenis tanaman yang dimanfaatkan bagian daunya untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan. Selain itu tanaman ini dapat menjadi alternatif dekorasi halaman rumah yang indah. Di balik keindahannya, nyatanya bunga kenop juga memiliki banyak manfaat sebagi obat-obatan alami. Bunga yang mempunyai habitat asli di Amerika ini sangat mujarab dijadikan sebagai obat demam, batuk, disentri, sakit kepala, radang mata, asma hingga penambah nafsu makan.

Raciklah bunga kenop bersama dengan jahe. Kemudian rebuslah dan dapatkan air rebusan yang bisa diminum sebanyak tiga kali dalam sehari. Dengan demikian, Kamu akan bisa merasakan manfaat yang maksimal dari bunga kenop.

16. Sirsak

Sirsak termasuk tanaman yang sering dijadikan sebagai obat alternatif dalam menyembuhkan penyakit. Selain memanfaatkan buahnya, bagian daun tanaman ini mampu digunakan untuk mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh kita. Tanaman sirsak dikenal pula sebagai tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat rematik.

16 sampel tanaman obat dan manfaatnya tersebut kiranya bisa menjadi referensi bagi Kamu. Kamu tidak melulu perlu menanam tanaman hias saja di pekarangan rumah. Akan tetapi, Kamu juga bisa coba menanam tanaman obat khusus keluarga seperti ini. Pilihlah beberapa untuk dijadikan apotek hidup yang bagus bagi kesehatan keluargamu.