Tanaman Pengusir Nyamuk Dalam Rumah

Adanya nyamuk di dalam rumah pastilah sangat mengganggu. Bukan hanya masalah gigitannya, tetapi juga karena suaranya yang bising. Terkadang menggunakan obat nyamuk maupun spray khusus serangga seringkali menimbulkan ketakutan karena sisa bahan kimia yang bisa menempel. Maka tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi solusi.

Tanaman Pengusir Nyamuk Dalam Rumah

Gambar Lavender tanaman pengusir nyamuk

Selain efektif mengusir nyamuk, menanam tumbuhan pengusir nyamuk seperti ini juga membuat lingkungan rumah terasa asri. Harga tumbuhan ini pun juga terjangkau sehingga bisa digunakan oleh siapa saja.

16 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

  1. Tanaman Bawang Putih Pengusir Nyamuk

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa salah satu bahan yang hampir selalu ada di tiap masakan ini adalah tanaman yang ampuh guna menghalau nyamuk. Bahkan, bawang putih adalah satu dari beberapa tumbuhan yang paling ampuh mengusir nyamuk. Jika mencari tanaman anti nyamuk murah, bawang putih inilah pilihanya.

Ternyata inspirasi bawang putih sebagai penangkal vampir penghisap darah datang dari keampuhan ini, sebab sama seperti vampir, nyamuk pun juga menghisap darah. Bau khas yang dikeluarkan oleh bawang putih membuat nyamuk enggan mendekat. Menanam tanaman ini juga sangat mudah, selain itu daun dan umbi bawang memiliki khasiat yang banyak.

  1. Tanaman Serai Pengusir Nyamuk

Tanaman anti nyamuk terbaik yang juga sering dibuat minuman, bumbu masakan serta penyedap dalam sambal matah ini sangat ampuh mengusir nyamuk, bahkan bisa membuat nyamuk mati. Hal ini dikarenakan kandungan zat sitronelal dan geraniol yang mengeluarkan aroma khas yang tidak digemari nyamuk.

Cara menanam tanaman untuk mengusir nyamuk ini pun cukup mudah, Sobat tidak memerlukan media tanam yang luas, pot maupun wadah lainnya bisa digunakan untuk membudidayakan serai. Selain untuk mengusir nyamuk, aroma dari serai juga bisa digunakan sebagai aromaterapi yang mendatangkan efek menenangkan.

  1. Catnip

Catnip adalah tanaman toga pengusir nyamuk dari keluarga mint labiatae. Istilah ‘catnip’ diduga berasal dari respons yang ditunjukkan kucing terhadap tanaman ini. Tanaman yang termasuk dalam varietas nepetalcataria yang dinikmati sebagian besar kucing.

Hal ini dikarenakan setiap kucing yang mengunyah atau sekadar menjilati catnip akan bertingkah tidak biasa. Jika terlalu sering maka kucing akan ketagihan. Jadi bisa dibilang bahwa tanaman ini sejenis zat adiktif untuk kucing.

Walaupun demikian, tanaman herbal pengusir nyamuk ini sangat ampuh dalam mengusir nyamuk. Aromanya yang khas akan membuat para nyamuk enggan untuk mendekat. Sobat bisa menaruhnya di tempat yang aman dari jangkauan kucing peliharaan Sobat.

  1. Lemon Balm

Tanaman anti nyamuk di rumah yang memiliki nama ilmiah Melissa officinalis ini adalah adalah sejenis tanaman herbal beraroma lemon yang berasal dari keluarga yang sama dengan mint. Tanaman ini berasal dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat, tetapi bisa juga tumbuh di seluruh dunia.

Sudah sejak lama lemon balm digunakan untuk meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif, Selain itu lemon balm ternyata juga bisa dipakai sebagai tumbuhan pengusir nyamuk. Aroma yang tajam seperti mint namun bercampur lemon bisa mengecoh nyamuk dan membuat mereka tidak betah.

Hal ini disebabkan oleh kandungan zat citronella oil yang banyak terdapat di dalam tubuh tanaman pengusir dan pembasmi nyamuk yang berasal dari keluarga mint Lamiaceae ini.

  1. Bunga Lavender

Lavender adalah jenis tanaman bunga pengusir nyamuk berwarna ungu yang berasal dari keluarga mint yang mudah diidentifikasi karena aroma bunga yang manis. Tanaman ini diyakini asli berasal dari Mediterania, Timur Tengah, dan India, dan sudah ditanam sejak 2.500 tahun yang lalu. Lavender dikenal sebagai tanaman hias pengusir nyamuk yang mudah dirawat.

Pada zaman kuno, lavender digunakan sebagai ramuan suci. Selain itu, sering digunakan untuk menyegarkan dan memberikan aroma ringan ke berbagai barang pribadi, seperti pakaian dan rambut. Pada zaman sekarang keindahan bunga lavender menjadikannya sebagai tanaman yang populer untuk tanaman hias. Selain itu tumbuhan dengan wangi menenangkan ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Jika Sobat menyukai aroma lavender, Sobat bisa menaruh lavender di dalam pot dan meletakkannya di dalam ruangan rumah atau kamar tidur. Aroma dari lavender juga diyakini bisa membuat tidur Sobat menjadi lebih nyenyak. Meletakan tanaman anti nyamuk dalam rumah artinya kamu melindungi keluarga dari penyakit yang berasal dari nyamuk

  1. Daun Selasih (Basil)

Basil adalah tanaman herbal yang masih tergolong keluarga mint. Selain digunakan untuk menambah rasa pada makanan, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat memberikan manfaat pada kesehatan. Basil manis atau Ocimum basilicum berperan dalam banyak masakan Mediterania, dan khususnya Italia. Masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam juga kerap menggunakan tanaman ini.

Basil manis dapat menyediakan vitamin, mineral, dan berbagai antioksidan. Minyak atsirinya juga memiliki manfaat obat dan menjadikan basil sebagai tanaman obat pengusir nyamuk. Aroma dari basil sangat khas sehingga langsung dapat dikenali di antara tanaman herba lainnya.

  1. Tanaman Bunga Marigold Untuk Mengusir Nyamuk

Bunga ini memang sedap dipandang mata, namun tidak sedap untuk hidung Sobat. Sebab aroma yang dikeluarkan dari bunga ini memang tidak sedap. Bukan hanya nyamuk, manusia pun sepertinya enggan untuk mencium aroma bunga ini terlalu lama.

Walaupun demikian, tanaman yang merupakan asli dari daerah Amerika Tengah dan Meksiko ini sangat ampuh sebagai penangkal serangga nakal, khususnya nyamuk. Tanaman yang juga disebut dengan nama kenikir ini memiliki bunga yang kecil berwarna kuning dengan kelopak yang rapat.

  1. Bunga Rosemary

Rosemary adalah tanaman hijau yang harum asli dari dataran Mediterania. Tanaman yang juga bisa digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan pengusir nyamuk, biasa digunakan sebagai bumbu masakan, parfum dan menyediakan manfaat untuk kesehatan.

Rosemary adalah anggota keluarga mint Lamiaceae, seperti juga oregano, thyme, basil, dan lavender. Tanaman ini tidak hanya rasanya enak untuk masakan tetapi juga merupakan sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B-6 yang baik.

Ramuan telah dipuji sejak zaman kuno karena sifat obatnya. Rosemary secara tradisional digunakan untuk membantu meringankan nyeri otot, meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem kekebalan dan sirkulasi, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

  1. Kecombrang

Bahan masakan yang sudah mulai langka ini kerap ditemukan di dalam pecel maupun sambal. Wanginya yang khas membuat masakan menjadi menarik untuk dinikmati. Selain fungsinya sebagai penyedap masakan dan juga kandungan nutrisinya yang banyak, kecombrang juga sangat ampuh untuk penangkal nyamuk sehingga dikenal dengan tanaman wangi pengusir nyamuk dbd dan malaria.

Hanya saja Sobat harus getol mencari tanaman ini sebab tidak banyak kecombrang yang tersisa, terutama di perkotaan. Sobat bisa mencarinya di daerah yang masih asri maupun di pedesaan.

  1. Suren

Mungkin belum banyak yang mengetahui tanaman yang bernama suren ini. Padahal tanaman yang masih dalam famili Meliaceae sangat ampuh untuk digunakan sebagai penghalau nyamuk. Tanaman ini bukan hanya akan menghalau nyamuk, tetapi juga sebagian besar serangga.

Aromanya yang kuat juga bisa menjadi pengharum ruangan. Sobat bisa menanamnya di dalam pot sebab tanaman ini sangat mudah dirawat dan dibudidayakan. Pertumbuhannya pun juga terbilang cepat. Perlu sobat ketahui, Suren termasuk jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk.

  1. Cengkeh

Cengkeh adalah tanaman obat pengusir nyamuk alami untuk didalam rumah maupun diluar rumah. Sobat dapat menjumpai cengkeh baik dalam bentuk utuh maupun bubuk. Rempah-rempah serbaguna ini dapat digunakan untuk membumbui daging panggang, menambah rasa pada minuman panas, dan membawa kehangatan pedas pada kue.

Cengkeh dikenal sebagai bumbu manis dan aromatik, tetapi juga dapat digunakan dalam pengobatan tradisional. Faktanya, senyawa dalam cengkeh mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesehatan hati dan membantu menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, tanaman ini juga cocok untuk pengusir nyamuk.

  1. Bunga Krisan

Selain cocok digunakan sebagai tanaman hias, bunga krisan juga cocok digunakan sebagai tanaman untuk mengusir nyamuk didalam ruangan. Kelopak bunganya yang berwarna cerah membuat ruangan terkesan asri sekaligus juga mampu menghalau serangga penghisap darah tersebut.

Bunga ini biasa dijual di dalam pot dan dipajang di luar maupun dalam ruangan. Sobat bisa memilih bunga krisan yang berwarna kuning, oranye hingga pink keunguan.

  1. Bunga Kamboja

Bagi sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman jika berhubungan dengan bunga kamboja. Sebab pohon bunga ini memang kerap kali dijumpai di area pemakaman sehingga kerap dikaitkan dengan hal mistis. Padahal selain wanginya yang enak, bunga ini juga termasuk jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

Selain itu, bunga ini juga mempunyai bentuk dan warna yang cantik sehingga juga bisa digunakan sebagai tanaman hias.

  1. Kayu Putih

Tanaman ini memang lebih populer sebagai bahan baku pembuatan minyak kayu putih. Aromanya yang enak serta sensasi hangatnya memang sangat cocok jika tanaman ini digunakan sebagai bahan minyak gosok.

Namun selain sebagai minyak gosok, tanaman ini juga ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk. Sobat bisa meletakkan tanaman ini di dalam maupun di luar ruangan agar lingkungan rumah Sobat terbebas dari serangga pengganggu.

  1. Tea tree

Sebagai salah satu pohon pengusir nyamuk, tea tree ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya. Minyak yang dihasilkan dari tanaman ini kerap kali digunakan dalam industri kesehatan dan kecantikan. Obat jerawat adalah produk yang kerap menggunakan khasiat dari tea tree.

Sensasi hangatnya dan aromanya yang khas juga membuat tanaman ini cocok digunakan sebagai aromaterapi.

  1. Citrosa atau Mosquito Plant

Keampuhan tanaman citrosa sebagai pengusir nyamuk tidak dapat dipungkiri lagi. Hal inilah yang membuat tanaman ini juga dikenal sebagai mosquito plant. Aroma citrus yang kuat membuat nyamuk enggan mendekati ruangan yang terdapat tanaman ini di dalamnya.

Kesimpulan

Keseharian yang terganggu karena adanya nyamuk sekarang ini tidak akan menjadi masalah karena ada banyak tanaman pengusir nyamuk yang bisa Sobat coba untuk tanam. Selain murah, cara ini juga cukup mudah untuk dicoba.

Macam-macam nama tanaman pengusir nyamuk diatas sudah terbukti efektif dalam mengusir nyamuk da serangga yang ada di rumah. Tanaman manakah yang menjadi pilihan kamu?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *